Search

Toyota Land Cruiser 70 Dijadikan Mobil Pengangkut Vaksin COVID-19


Toyota Land Cruiser 70
Sumber: Toyota Global

Bagi Tunas Friends yang belum mengetahui berita ini, Toyota Global telah merilis mobil pengangkut vaksin COVID-19 pertama di dunia yang mendapatkan prakualifikasi dari pihak World Health Organization (WHO).


Mobil tersebut adalah Toyota Land Cruiser 70. Dengan berbagai pertimbangan dan persyaratan, serta pengujian, Land Cruiser 70 dianggap cocok untuk dijadikan solusi transportasi pembawa vaksin.


Vaksin-vaksin inilah yang akan disebarkan ke seluruh wilayah Indonesia, di mana jumlahnya tidak sedikit. Oleh karena itu, dibutuhkan kendaraan dengan teknologi khusus untuk membantu mendistribusikannya.


Bagi Tunas Friends yang belum familiar dengan spesifikasi Land Cruiser, bisa terlebih dahulu membacanya di situs web Tunas Toyota. Terdapat pula harga ter-update yang bisa Tunas Friends jadikan acuan jika berminat memilikinya.



Kembali pada topik, Tunas Friends harus menyimak artikel ini sampai habis untuk mendapatkan wawasan lebih banyak tentang Land Cruiser 70 yang digunakan sebagai alat transportasi pengangkut vaksin COVID-19.


Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser, dari Mobil Militer hingga Mobil Presiden


Toyota Merilis Land Cruiser 70 Sebagai Mobil Pengangkut Vaksin Pertama di Dunia

Pandemi COVID-19 masih membuat sebagian masyarakat merasa bingung dan panik. Kurva naik dan turun yang tidak dapat dipastikan, serta penyebaran virus yang semakin tidak menentu ini memunculkan solusi baru yaitu vaksin.


Distribusi vaksin menjadi jawaban atas pertanyaan masyarakat mengenai cara mencegah penularan virus COVID-19, lebih tepatnya ‘jawaban sementara’ yang dapat dilakukan.


Dalam kegiatannya, dibutuhkan dukungan alat transportasi dan juga teknologi terkini. Toyota telah memilih Toyota Land Cruiser sebagai kendaraan untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh wilayah di negara berkembang ini.


Bukan tanpa alasan apalagi sembarangan, Land Cruiser 70 dipilih berdasarkan pemenuhan syarat, ketentuan, dan kualifikasi secara resmi oleh pihak World Health Organization (WHO).


Predikat ‘mobil pengangkut vaksin pertama di dunia’ diraih oleh Land Cruiser dengan sejumlah keunggulan yang sebelumnya sudah disematkan. Tentunya, perusahaan asal Jepang ini sangat bangga karena produknya bisa membawa manfaat bagi orang banyak.


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Land Cruiser 2021


Latar Belakang Toyota Land Cruiser Dijadikan Mobil Pengangkut Vaksin

Alasan memilih Land Cruiser 70 sebagai pengangkut vaksin COVID-19 pasti ada. Pertama, menyangkut kondisi vaksin yang tidak bisa diletakkan begitu saja di ruang terbuka tanpa sterilisasi khusus.


Vaksin perlu disimpan pada suhu 2°C hingga 8°C. Vaksin tidak dapat digunakan apabila penyimpanannya tidak di suhu yang tepat.


Akibatnya, banyak vaksin yang terbuang karena infrastruktur yang tidak memadai dan tidak adanya alat transportasi yang bisa dimanfaatkan. Dengan demikian, setiap tahunnya 1,5 juta nyawa anak melayang akibat vaksin yang rusak dan tidak dapat diberikan.


Vaksin dan kegiatan vaksinasi ini merupakan salah satu tindakan yang cukup efektif untuk melawan penyakit menular, sehingga diperlukan perjuangan untuk mendistribusikannya secara merata.


Inilah mengapa Land Cruiser dijadikan pilihan. Selain karena dibekali sistem lemari pendingin, mobil Land Cruiser juga berhasil lolos kualifikasi World Health Organization (WHO).


Baca juga: Toyota Global Resmi Meluncurkan GR 86 Terbaru


Mobil Land Cruiser Sudah Memenuhi PQS Standar WHO

PQS merupakan kependekan dari Performance, Quality, and Safety. Disebut juga sebagai sistem kualifikasi dan standarisasi peralatan medis oleh World Health Organization (WHO) yang didirikan untuk mendukung pengembangan alat-alat medis tersebut.


Negara berkembang, seperti Indonesia, umumnya tidak mempunyai sistem kualifikasi sendiri untuk alat dan peralatan medis. Terutama dalam hal mendukung pendistribusian vaksin.


Bagi yang telah memperoleh prakualifikasi PQS, itu berarti juga memenuhi standar pemilihan peralatan dari lembaga resmi (termasuk WHO).


Inisiatif dipilihnya Toyota Land Cruiser sebagai kendaraan pengangkut vaksin ini diharapkan dapat mengatasi masalah sosial dan masalah pengiriman vaksin di negara-negara berkembang secara lebih adil dan merata.


Baca juga: Mulai 25 Maret, 126 Unit Toyota Yaris GR Sudah Bisa Dipesan


Toyota Land Cruiser Sudah Dilengkapi Kulkas

Mobil pembawa vaksin COVID-19 ini dibekali dengan sistem pendingin khusus semacam lemari es. Gunanya yaitu supaya vaksin tetap terjaga dengan baik dan tidak terkontaminasi kandungan lainnya ketika di perjalanan.


Land Cruiser dijadikan solusi mobilitas vaksin dan sangat berkontribusi untuk meningkatkan laju penggunaan vaksin di negara berkembang.


Sistem yang disematkan di dalam mobil Land Cruiser ini dikembangkan oleh Toyota Tsusho Corporation, Toyota Motor Corporation, dan B Medical Systems.


Teknologi lemari es khusus ini diatur pada suhu yang sesuai dan telah mendapatkan prakualifikasi Performance, Quality, and Safety (PQS) dari WHO. Kapasitasnya mencapai 396 liter atau setara dengan 400 paket vaksin.


Tenaganya menggunakan baterai, di mana dapat bertahan selama 16 jam tanpa pengisian daya. Namun, lemari es ini bisa dilakukan pengisian baterai saat kendaraan dijalankan atau saat kendaraan diparkirkan.


Di samping ketangguhan performa kendaraan, keselamatan, dan keamanan tetap menjadi nomor satu agar keseluruhan pendistribusian berjalan lancar tanpa kendala. Dan, seluruh masyarakat di negara-negara berkembang bisa mendapatkan vaksinnya.


Baca juga: Cara Perpanjang SIM Online via Aplikasi SINAR


Bagaimana Tunas Friends? Menarik ya inovasinya! Mobil Toyota Land Cruiser bertipe Sport Utility Vehicle (SUV) ini memang memiliki kinerja dan performa yang sangat baik, serta mampu melewati medan apa pun.


Seperti mobil pada umumnya, Land Cruiser 70 juga perlu dilakukan perawatan secara berkala. Begitu pula dengan mobil yang saat ini Tunas Friends miliki. Segera