Cara Perpanjang SIM Online via Aplikasi SINAR


cara perpanjang sim online

Baru saja di pekan ini, ada kebijakan baru yang sangat memudahkan para pengguna kendaraan bermotor. Kepolisian Republik Indonesia telah meluncurkan sebuah aplikasi SIM online bernama SINAR atau SIM Nasional Presisi.


Tunas Friends bisa melakukan pembuatan SIM baru dan juga perpanjang SIM online melalui aplikasi ini. Sekarang, tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk datang dan antre panjang. Cukup dengan satu aplikasi, mengurus SIM online jadi lebih mudah.


Segera unduh aplikasinya dan ikuti prosedurnya, lalu tunggu SIM datang ke rumah melalui pos. Namun, Tunas Friends juga bisa datang ke SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) terdekat untuk mengambilnya secara langsung.


Tidak hanya pembuatan atau perpanjangan SIM A & C yang bisa didaftarkan secara online, tapi juga sama halnya dengan booking service di bengkel Tunas Toyota. Dengan booking melalui daring, Tunas Friends tidak perlu mengantre dan menunggu lama di lokasi.



Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan booking terlebih dahulu sebelum datang untuk melakukan perawatan berkala di bengkel Tunas Toyota.


Kembali ke topik, di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai apa itu aplikasi SINAR, cara perpanjang SIM online, hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus SIM melalui aplikasi online.


Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!


Baca juga: Persyaratan Pembuatan dan Perpanjang SIM Gratis


Aplikasi SIM Online SINAR (SIM Nasional Presisi)

SINAR yaitu kependekan dari SIM Nasional Presisi, aplikasi ini diusung oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia. Dengan SINAR, seluruh pengendara kendaraan bermotor dapat mengurus SIM dengan cepat dan mudah.


Mulai dari membuat SIM baru, hingga memperpanjang masa berlaku SIM (baik A maupun C). Tunas Friends pun tidak perlu khawatir lagi menunggu antrean yang panjang atau tidak kebagian berkas pendaftaran, dan sebagainya.


Dengan menggunakan aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi), Tunas Friends akan merasakan betapa mudahnya mengurus SIM secara online tanpa harus datang ke lokasi.


Namun, jika Tunas Friends tidak ingin berdiam diri di rumah dan menunggu saja, Tunas Friends bisa langsung datang dan mengambil hasilnya ke lokasi terdekat dari tempat tinggal.


Baca juga: Tilang Elektronik (ETLE) Sudah Berlaku, 5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai E Tilang


Link Download Aplikasi SIM Online

Masyarakat Indonesia sudah bisa mengunduh aplikasi pembuatan dan perpanjang SIM online ini. Aplikasi SINAR baru tersedia di ponsel dengan sistem operasi Android, belum di iOS.


Aplikasi induk yang diunduh bernama Digital Korlantas POLRI, silakan klik tautan ini untuk mengunduh Aplikasi SIM Online. Sekarang, tinggal mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Simak lebih lengkapnya di poin selanjutnya, ya!


Sesuai dengan kolom deskripsi di Google Play Store, layanan pembuatan SIM online di aplikasi SINAR ini. Selain SINAR, Kepolisian Republik Indonesia juga akan menghadirkan menu layanan baru, seperti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), SAMSAT keliling, serta E-TBPKP dan e-Pengesahan.


Baca juga: Cara Cek Kendaraan yang Terkena Tilang Elektronik ETLE dan Cara Membayarnya


Cara Perpanjang SIM Online

Tidak perlu basa-basi lagi, berikut ini adalah cara perpanjang SIM online yang mudah sekali dilakukan di aplikasi SINAR. Mari ikuti tahapan-tahapannya, seperti:


  1. Unduh atau download aplikasi Digital Korlantas POLRI di Google Play Store khusus sistem operasi Android.

  2. Masukkan nomor ponsel dan alamat email untuk verifikasi identitas. Tunas Friends akan menerima kode OTP sebagai bukti verifikasi pengguna.

  3. Masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP yang akan digunakan untuk verifikasi melalui fitur face recognition.

  4. Khusus perpanjang SIM online yaitu perpanjang SIM A dan C, Tunas Friends bisa klik ikon ‘SINAR’ kemudian pilih ‘Perpanjang SIM’.

  5. Tentukan golongan SIM yang ingin diperpanjang masa berlakunya.

  6. Unggah foto KTP, foto SIM, tanda tangan, dan pas foto. Dilengkapi pula dengan hasil pemeriksaan dan psikologi.

  7. Permohonan pemeriksaan kesehatan dan psikologi dapat diajukan di aplikasi ini. Caranya yaitu Tunas Friends, sebagai pemohon, melakukan pemeriksaan kesehatan melalui e-Rikkes dengan memilih menu registrasi. Lalu, masukkan NIK dan foto selfie.

  8. Berikutnya, Tunas Friends akan memperoleh booking code atau kode pemesanan yang ditunjukkan saat melakukan kunjungan ke dokter. Rekomendasi dokter pada aplikasi SINAR sesuai dengan rekomendasi dari Pusdokkes Polri.

  9. Dokter terkait akan melakukan update hasil pemeriksaan di aplikasi e-Rikkes. Jika memenuhi syarat, maka hasil tes akan terkirim secara otomatis. Sementara, jika sebaliknya, perpanjang SIM online gagal disetujui. Ini berlaku juga untuk tes psikologi.

  10. Apabila perpanjang SIM online berhasil, Tunas Friends perlu memilih metode pengiriman, yaitu diambil sendiri sesuai SATPAS yang dipilih, menggunakan surat kuasa, atau memanfaatkan jasa kirim online.

  11. Setelah itu, lakukan pembayaran melalui Virtual Account BNI.

  12. SIM berhasil dicetak dan dikirim menggunakan metode pengiriman yang sudah ditentukan.

  13. Lakukan konfirmasi setelah SIM diterima.


Baca juga: Cara Blokir STNK Online untuk Menghindari Pajak Progresif


Biaya Perpanjang SIM Online

Seperti pada umumnya, membuat atau memperpanjang SIM dikenakan sejumlah biaya administrasi yang tidak terlalu besar (masih dalam tarif yang wajar). Hal ini diatur dalam Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM).


Rinciannya adalah sebagai berikut, perhatikan tabel!



Harga SIM pada tabel di atas kerap berubah-ubah tanpa pemberitahuan karena tambahan kebijakan dari pihak pemerintah dan pihak Kepolisian Republik Indonesia.


Baca juga: Jangan Tabrak Lari! 10 Hal yang Dilakukan Ketika Kecelakaan Lalu Lintas


Bagaimana? Sudah siap untuk membuat SIM atau memperpanjang SIM? Jika sudah melakukannya, jangan lupa untuk melakukan servis kendaraan secara rutin dan berkala di bengkel terpercaya dan memuaskan seperti Tunas Toyota.


Klik di sini untuk mencari cabang lokasi bengkel Tunas Toyota terdekat dan klik di sini untuk melihat mobil Toyota lengkap dengan spesifikasinya. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Tunas Friends!



7 views0 comments