Toyota Hilux Mendapatkan Bintang 5 dari ASEAN NCAP



toyota hilux
Sumber: ASEAN NCAP

Toyota Hilux telah diakui masyarakat sebagai mobil pick-up yang ramah pengguna. Tidak hanya dari sisi kenyamanan dan kecanggihannya, tapi juga sisi keamanan dan keselamatan yang melekat padanya.


Mobil yang seringkali dimanfaatkan sebagai mobil komersial ini telah menjalani serangkaian tes keamanan dan keselamatan, yang disebut dengan uji tabrak.


Uji tabrak dilakukan oleh ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) sebagai pembuktian bahwa Hilux 2021 aman untuk dikendarai. Dengan begitu, masyarakat semakin yakin dan tidak ragu lagi untuk memilikinya.


Pengujian ini merupakan penilaian kedua kalinya yang dilakukan pada Toyota Hilux. Sebelumnya, uji tabrak dilakukan pada tahun 2015.



Hasilnya mengungkapkan bahwa Toyota Hilux, baik Hilux Double Cabin maupun Hilux Single Cabin, mendapatkan nilai yang memuaskan. Tunas Friends tidak percaya? Sebaiknya simak ulasannya berikut ini.


Baca juga: Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin


Apa itu ASEAN NCAP?

Sebelum melihat hasilnya, ketahui dulu pengertian dari NCAP. New Car Assessment Program atau yang disingkat NCAP merupakan lembaga resmi yang bertugas menguji kelayakan dari mobil baru yang dipasarkan.


Uji kelayakan yang dimaksud, meliputi tes keselamatan pengemudi dan juga penumpang saat berkendara. Selain itu, dilakukan juga tes sistem keamanan (aktif dan pasif). Apa perbedaan antara sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif?


Sistem keamanan aktif yaitu teknologi yang diciptakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Lalu, sistem keamanan pasif yaitu teknologi untuk mengurangi kerusakan dan cedera penumpang saat terjadi kecelakaan.


Penilaian New Car Assessment Program (NCAP) disajikan dalam bentuk rating bintang dengan skala 1 sampai 5. Nilai atau bintang 5 memiliki arti bahwa mobil telah disematkan sistem keamanan aktif dan sistem keamanan pasif yang sempurna.


Semakin kecil angkanya, maka semakin buruk penilaiannya. Sebaliknya, semakin besar, maka semakin bagus. Kendaraan yang mendapat nilai terendah pada uji tabrak ini bisa dianggap ‘tidak lolos’ dan perlu diadakan evaluasi.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Liburan Offroad Bersama Toyota Hilux


Hasil Uji Tabrak Toyota Hilux

Hilux versi terbaru telah diluncurkan pada Agustus 2020 lalu. Tersedia banyak tipe yang dapat Tunas Friends pilih, serta didukung dengan sistem keselamatan yang mumpuni dan dapat diandalkan.


Tahun 2020 merupakan pengujian yang kedua kali pada Toyota Hilux dengan menggunakan varian Hilux 2.8D. Berdasarkan hasil uji tabrak pada ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), didapat total 83,42 poin. Berikut ini penjabarannya:

  • Adult Occupant Protection (AOP) 45,74 poin

  • Child Occupant Protection (COP) 22,47 poin

  • Safety Assist Technologies (SATs) 15,21 poin


Data di atas membuktikan bahwa Toyota Hilux mampu memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan yang maksimal bagi setiap pengemudi dan penumpang ketika berada di perjalanan.


Baca juga: Hasil Memuaskan Uji Tabrak Toyota Corolla Cross dari ASEAN NCAP


Spesifikasi Hilux 2021

Spesifikasi Hilux Double Cabin

Dapur pacu Hilux Double Cabin dibekali dengan mesin 2GD-FTV 4-silinder 16-katup dengan kapasitas 2.393 cc dan teknologi DOHC with VNT Intercooler.


Dilengkapi dengan sistem transmisi manual (M/T) 6-percepatan pada tipe G dan E, serta sistem transmisi otomatis (A/T) 6-percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic pada tipe V.


Hilux Double Cabin memiliki kapasitas tangki diesel hingga 80 liter. Mampu menghasilkan tenaga 149,6 PS per 3.400 RPM dengan torsi mencapai 40,8 Kgm per 1.600-2.000 RPM. Performanya tangguh untuk melewati medan yang berat sekalipun.


Mobil ini sudah mengusung sistem Fuel Injection dengan Common Rail dan sistem penggerak 4WD yang dioptimalkan oleh fitur Easy 4x4 Switch.


Disematkan pula fitur Eco Lamp Indicator untuk menghemat bahan bakar dan fitur Rear Differential Lock System yang akan membantu Tunas Friends ketika tidak sengaja terjebak di medan berlumpur.


Toyota Hilux Double Cabin memanfaatkan suspensi depan Double Wishbone dan suspensi belakang Leaf Spring Rigid Axle untuk menunjang kenyamanan berkendara.


Sementara pada bagian remnya, mobil Double Cabin ini memakai Ventilated Disc 16 inci sebagai rem depan dan Leading Trailing Drum sebagai rem belakang.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner, Bintang 5 ASEAN NCAP


Spesifikasi Hilux Single Cabin

Hilux Single Cabin memiliki dua tipe bahan bakar, yaitu mesin bensin dan mesin diesel. Pada tipe mobil 4x2 (sistem penggerak 2WD) berbahan bakar bensin, dibekali mesin 1TR-FE 4-silinder dengan kapasitas 1.998 cc dan teknologi DOHC Dual VVT-i.


Sementara pada tipe mobil 4x4 (sistem penggerak 4WD) dan 4x2 (sistem penggerak 2WD) berbahan bakar diesel, dibekali mesin 2GD-FTV 4-silinder dengan kapasitas 2.393 cc dan teknologi DOHC with VNT Intercooler.


Hilux Single Cabin tipe 4x2 dilengkapi dengan sistem transmisi manual (M/T) 5-percepatan dan kapasitas tangki 65 liter. Kemudian, tipe 4x4 dilengkapi dengan sistem transmisi manual (M/T) 6-percepatan dan kapasitas tangki 80 liter.


Mobil ini sudah mengusung sistem Fuel Injection (bensin) dan Fuel Injection with Common Rail (diesel). Ada pula fitur Eco Lamp Indicator yang berfungsi untuk menghemat bahan bakar.


Serta, terdapat fitur Rear Differential Lock System yang akan membantu Tunas Friends ketika terjebak di medan berlumpur.


Tenaga yang dihasilkan dari bahan bakar bensin milik Hilux Single Cabin ini sebesar 139 PS per 5.600 RPM dengan torsi maksimum 18,7 Kgm per 4.000 RPM.


Sementara untuk bahan bakar diesel, tenaga yang dihasilkan mencapai 14,9 PS per 3.400 RPM dengan torsi 35 Kgm per 1.400-2.800 RPM.


Selain itu, mobil ini juga sudah menggunakan suspensi depan Double Wishbone dan suspensi belakang Leaf Spring Rigid Axle dengan Ventilated Disc 15 inci (4x2) dan 16 inci (4x4) sebagai rem depan, serta Leading Trailing Drum sebagai rem belakang.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Kijang Innova, Bintang 5 ASEAN NCAP


Fitur Keselamatan Toyota Hilux

Toyota Hilux sudah mendukung fitur yang akan menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang. Seperti, fitur Airbags di tiga titik yaitu Dual Airbags dan Knee Bag yang mampu melindungi Tunas Friends dari cedera parah saat terjadi kecelakaan.


Sistem pengeremannya, dilengkapi dengan fitur Brake Assist (BA), Anti-lock Braking System (ABS), dan Electronic Brake-force Distribution (EBD) untuk menjaga tekanan rem tetap berada dalam keadaan seimbang.


Kemudian, disematkan pula fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Trailer Sway Control (TSC) untuk menjaga stabilitas kendaraan.


Baca juga: Persyaratan Pembuatan dan Perpanjang SIM Gratis


Harga Toyota Hilux

Berikut ini merupakan tabel daftar harga Toyota Hilux terbaru dari Tunas Toyota. Harga yang tercantum sesuai dengan OTR Jakarta per Januari 2021.



Harga Toyota Hilux di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Maka, selalu cek perkembangan harganya di situs web Tunas Toyota.


Baca juga: Manfaat dari Uji Emisi Kendaraan Bermotor


Tunas Friends ingin membeli mobil Hilux untuk memulai sebuah bisnis? Lihat spesifikasi Toyota Hilux secara lebih lengkap di sini dan sesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends!


Butuh pertimbangan khusus dalam memilih sebuah mobil yang hendak dibeli. Tunas Toyota adalah pilihan tepat bagi Tunas Friends yang ingin membeli mobil baru dengan harga yang sesuai budget. Nikmati pelayanan yang terpercaya dan memuaskan hanya di Tunas Toyota!


Dapatkan informasi lengkap tentang mobil favorit Tunas Friends sekarang. Atau, booking service Toyota Anda di sini jika Tunas Friends ingin melakukan servis berkala. Daripada cari bengkel lain yang tidak pasti, hubungi Tunas Toyota saja yang sudah pasti!



12 views0 comments