Search
  • Admin

Segera bawa ke bengkel mobil Toyota! Inilah penyebab aki mobil tekor

Updated: Aug 9


penyebab aki mobil tekor
penyebab aki mobil tekor

Aki Mobil merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari sebuah mobil, apabila komponen satu ini mengalami kerusakan seperti aki mobil yang tekor tentu membuat kinerja mobil jadi tidak maksimal bahkan tidak bisa digunakan.


Lalu apa sajakah penyebab aki mobil yang tekor ini, dan bagaimana melakukan perawatan aki agar tetap prima ketika digunakan? berikut ini ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi aki mobil tekor.


Penyebab aki mobil tekor

Seperti semua sudah ketahui, aki ini memiliki fungsi yang penting untuk menghidupkan mesin mobil, bila aki mobil sudah dalam kondisi yang tidak baik bukan tidak mungkin menjadi pemicu mobil mogok. Adapun beberapa penyebab aki mobil tekor adalah sebagai berikut.


Baca juga: Waspada! Kenali ciri aki rekondisi


Aki Tekor karena Modifikasi Berlebihan

Dalam melakukan modifikasi mobil seperti memasang terlalu banyak aksesoris pada mobil ternyata bukan sekedar mempercantik mobil, justru menimbulkan efek yang negatif. Salah satunya adalah menyebabkan aki lebih boros.


Penjelasannya sangat simple, aksesoris yang ditambahkan pada bagian eksterior maupun interior yang menggunakan listrik seperti lampu tambahan, perlengkapan audio tambahan ataupun multimedia lainnya tentu akan menguras kapasitas aki yang pada akhirnya membuat daya aki cepat habis atau tekor.


Baca juga: Ini dia penyebab lampu indikator check engine menyala


Modifikasi mobil toyota dengan menambahkan beberapa aksesoris tambahan pada dasarnya sangatlah diperbolehkan, namun perlu diingat efek yang ditimbulkan adalah aki yang cepat aus, maka dari itu apabila terasa aki mobil tekor, cobalah cek beberapa aksesoris tambahan tersebut apakah sudah sesuai dengan daya yang ada pada aki.


Aki mobil tekor karena tidak digunakan

Selain karena penggunaan aki berlebihan seperti modifikasi berlebihan atau penggunaan mobil yang berlebihan, ternyata aki pun bisa tekor apabila mobil terlalu lama tidak digunakan. Penyebabnya adalah aki yang tidak bekerja terlalu lama akan membuat kondisinya menjadi cepat rusak.


Baca juga: Inilah cara merawat busi mobil agar tidak cepat rusak


Maka dari itu, memanaskan mobil menjadi cukup penting untuk memicu aki bekerja dan merawat kondisi aki agar tetap baik. Apabila Tunas Friends memiliki mobil yang jarang digunakan cobalah untuk selalu mengecek kondisi aki secara rutin, agar tau kondisi aki dan ketika digunakan tidak terjadi masalah saat menghidupkan mobil.


Tanda-tanda aki mulai tekor

Sebenarnya, kita sudah bisa merasakan tanda-tanda apabila aki mobil mulai tekor. Beberapa tanda seperti mobil yang sulit untuk dihidupkan kemungkinan besar masalahnya berasal dari aki yang tekor.


Baca juga: 3 rekomendasi bengkel toyota jakarta selatan


Selain itu, tanda lain yang dapat kita rasakan adalah ketika menekan klakson mobil, suara yang keluar akan terasa tidak seperti biasanya atau lebih kecil. apabila hal-hal ini mulai dirasakan segeralah membawa mobil ke bengkel mobil toyota terdekat.


Jenis-Jenis Aki

Setelah mengetahui penyebab aki mobil tekor di atas tak lengkap jika kita tidak mengulas secara singkat mengenai jenis-jenis aki. Seperti kita ketahui, saat ini terdapat dua jenis aki seperti aki kering dan aki basah.


Kedua jenis aki ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Seperti namanya perbedaan aki kering dan aki basah adalah terletak dari bentuknya.


Baca juga: Toyota home service, solusi servis mobil toyota dimasa pandemi


Aki kering memiliki bentuk yang lebih padat atau seperti gel, berbeda dengan aki basah yang masih berbentuk cairan.



Berdasar beberapa pendapat, mengatakan bahwa aki kering lebih memiliki kualitas yang lebih baik, namun perlu juga dilakukan perawatan yang lebih teliti, secara harga aki kering memiliki harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan aki mobil basah.


Baca juga: Ketahui fungsi, komponen dan cara kerja radiator mobil


Itulah beberapa ulasan mengenai aki mobil, bila tunas friends mengalami masalah pada aki mobil bisa langsung mendatangi bengkel mobil toyota terdekat, salah satunya bisa juga mendatangi bengkel toyota resmi seperti Tunas Toyota. Klik link dibawah ini untuk melakukan booking servis.



55 views0 comments