Search

Harga Toyota Fortuner 2021 setelah Potongan PPnBM 50%


fortuner 2021

Mulai April 2021, Fortuner 2021 mengalami penurunan harga berkat kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Penurunan angka harga Fortuner 2021 lumayan besar jika dihitung-hitung, bahkan bisa sampai puluhan juta rupiah.


Sebelumnya, insentif PPnBM memang hanya diperuntukkan bagi mobil yang berkapasitas maksimal 1.500 cc. Namun, pemerintah akhirnya menambah kebijakan baru PPnBM untuk mobil berkapasitas di atas 1.500 cc hingga 2.500 cc seperti mobil Fortuner.


Peraturan ini dijelaskan di Keputusan Menteri Perindustrian No. 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021.


Di mana merupakan turunan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.31/PKM.010/2021 tentang Perluasan Diskon PPnBM yang dikhususkan untuk mobil baru dan berlaku mulai 1 April 2021.


Mobil yang mendapatkan insentif PPnBM ini harus memenuhi syarat sesuai yang diputuskan KEMENPERIN yaitu mengandung local purchase minimum 60%.


Seperti yang sudah disebutkan, salah satu mobil Toyota yang masuk dalam kategori ini adalah Toyota Fortuner, bermesin diesel 2.400 cc. Mobil Fortuner bermesin bensin tidak mendapat insentif karena kapasitasnya lebih dari 2.500 cc.


Kunjungi dealer resmi Tunas Toyota untuk memilih mobil yang tepat atau melakukan servis secara berkala dengan tawaran promo-promo menarik lainnya.


Sekarang, saatnya mengetahui harga Fortuner 2021 setelah dipotong Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sesuai dengan OTR yang berlaku, termasuk spesifikasi mesin, fitur, dan tampilannya.



Tunas Friends akan menemukan jawabannya di artikel ini. Ini dapat dijadikan bahan pertimbangan Tunas Friends sebelum memutuskan membeli Fortuner versi terbaru.


Baca juga: Sah! April 2021 PPnBM 50% untuk Mobil Toyota 2.500 cc


Spesifikasi Mesin Fortuner 2021

Pertama, Tunas Friends perlu tahu mesin yang dipakai oleh mobil Fortuner. Tersedia dalam dua varian mesin, yaitu mesin bensin 2TR Dual VVT-i berkapasitas 2.694 cc dan mesin diesel 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc, hanya varian yang bermesin diesel yang mendapatkan potongan PPnBM.


Tenaga yang dihasilkan mesin diesel mencapai 149,6 PS per 3.400 RPM dan torsi hingga 40,81 Kgm per 1.600-2.000 RPM dengan supply bahan bakar Common Rail Type.


Seperti yang diketahui, mesin diesel Fortuner mampu menghasilkan tenaga optimal dengan bahan bakar yang lebih hemat dan mampu melewati medan tempuh yang agak berat. Sehingga, Tunas Friends bisa memakainya kemana pun Tunas Friends inginkan.


Baca juga: Perkiraan Harga Fortuner 2021 Apabila Mendapatkan Potongan PPnBM 0%


Eksterior Toyota Fortuner

Pada bagian eksteriornya, Tunas Friends akan menemukan pembaruan dibandingkan versi lamanya. Toyota Fortuner memiliki konsep desain Stylish and Confidence yang lebih mewah dan berkelas.


Tercermin pada model prominent front grille dan lekukan bodi mobil yang sangat baru dan fog lamp yang terlihat agresif.


Headlamp-nya sudah berteknologi Bi-Beam Hi Tech LED Projector yang berdesain ramping. Serta, sudah terintegrasi dengan DRL dan Auto Leveling dengan penerangan optimal yang tidak menyilaukan (apalagi mengganggu) pengendara lainnya.


Tampilan keseluruhannya lebih maskulin dan gagah dengan desain kaca mobil yang bergaya menyipit ke belakang. Di bagian belakang, didesain dengan LED Tail Light yang berbeda dengan gaya sebelumnya.


Disematkan pula fitur Power Back Door yang bisa terbuka dan tertutup secara otomatis dengan menggunakan tombol.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Fortuner 2021 yang Wajib Anda Ketahui


Interior Mobil Fortuner

Di samping eksteriornya yang elegan, terdapat interior yang juga memuaskan para penggunanya. Dasbornya tampil lebih mewah dengan penggunaan material berkualitas dan tata letak panel yang tepat.


Tunas Friends juga akan melihat nuansa kayu dengan paduan warna gelap dan disematkan panel-panel harmonis di dalam ruang kabinnya. Pada setir kemudi, terdapat fitur Steering Switch, Paddle Shift & Sequential, Eco/Power Mod, serta Rear Diff Lock.


Lalu, memiliki juga TFT MID Color berukuran 4,2 inci yang atraktif dan informatif. Dengan begitu, Tunas Friends dan penumpang lainnya akan merasa nyaman saat mengendarai mobil berjenis SUV ini.


Baca juga: 4 Kelebihan dari Mesin Diesel 2GD-FTV pada Toyota Innova, Fortuner, & Hilux


Fitur-Fitur pada Fortuner 2021

Pada fiturnya, tersemat Head Unit berukuran 8 inci dengan menu-menu multimedia yang ramah pengguna, seperti Toyota Move, Navigation, hingga Mirror Cast. Ada pula fitur Air gesture dan pengaturan jok elektrik yang mudah disesuaikan kebutuhan.


Terdapat layar monitor tambahan yang diletakkan di plafon mobil baris kedua, ini terdapat pada Fortuner tipe VRZ. Selain itu, disediakan slot untuk mengisi baterai gawai dengan daya 12 Volt dan dilengkapi dengan tempat penyimpanannya.


Tidak hanya fitur kenyamanan, ada beberapa fitur keamanan dan keselamatan yang tersedia juga, yaitu Triple SRS Airbags, ABS, EBD, Trailer Sway Control, Active Traction Control (A-TRC), Emergency Brake Signal, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist.


Baca juga: Mobil Toyota Fortuner Dijadikan Angkot di Papua


Harga Fortuner 2021

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) membuat harga Fortuner 2021 mengalami penurunan, mulai dari Rp 478.900.000 hingga Rp 670.900.000 per unit. Kini, harga Fortuner 2021 dibanderol mulai dari Rp 478.900.000, dari harga semula Rp 512.000.000 untuk tipe termurahnya.



Harga Fortuner 2021 ini disesuaikan dengan harga OTR Jakarta per April 2021, serta dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Fortuner, Bintang 5 ASEAN NCAP


Lihat spesifikasi lengkap Toyota Fortuner 2021 di situs web resmi Tunas Toyota atau klik di sini. Jika ingin tahu spesifikasi mobil Toyota Indonesia lainnya, silakan lihat di sini. Selamat berkunjung dan temukan segera mobil idamanmu!



54 views0 comments