Search

Selain PPnBM 0%, DP 0% untuk Kredit Mobil Baru Toyota


kredit mobil toyota

Pemerintah membawa kabar bahagia lagi untuk industri otomotif Indonesia, masih dalam rangka memulihkan pasar otomotif di Indonesia yang lesu akibat pandemi. Terutama untuk Tunas Friends yang ingin melakukan kredit mobil Toyota.


Selain PPnBM 0% yang diumumkan pekan lalu, Kementerian Bidang Perekonomian juga mendorong seluruh pihak untuk mendukung pemulihan pasar otomotif Indonesia. Pemerintah mengusulkan adanya DP 0% untuk kredit mobil.


Demi menjalankan usulan ini, pemerintah meminta langsung kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk merevisi aturan uang muka atau down payment (DP) kredit mobil. Jadi dengan ketetapan ini, Tunas Friends bisa mendapatkan DP 0% untuk kredit mobil Toyota, lho!


Kabar yang sangat membahagiakan bukan, untuk Tunas Friends yang ingin mempunyai mobil baru Toyota? Tunggu apalagi, tentukan mobil Toyota pilihan Tunas Friends sekarang juga.



Untuk tahu lebih lanjut mengenai penerapan DP 0% beserta syarat melakukan kredit, yuk simak artikel ini!


Baca juga: Mulai 1 Maret 2021, Pemerintah Gratiskan Pajak PPnBM Mobil Baru Toyota


DP 0% untuk Kredit Mobil Baru Toyota

Penggabungan antara relaksasi PPnBM dan DP 0% yang diberikan oleh pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan memberikan efek jumpstart untuk perekonomian Indonesia.


Dengan adanya aturan ini, Tunas Friends dapat membeli mobil baru Toyota secara kredit, dengan uang muka atau DP sebesar 0%.


Baca juga: 5 Mobil Toyota yang Masuk dalam Kriteria PPnBM 0%


Alasan Penerapan DP 0% untuk Kredit Mobil

“Pemberian insentif penurunan PPnBM perlu didukung dengan revisi kebijakan OJK untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor, yaitu melalui pengaturan mengenai uang muka (DP) 0% dan penurunan ATMR Kredit (aktiva tertimbang menurut risiko) untuk kendaraan bermotor, yang akan mengikuti pemberlakuan insentif penurunan PPnBM ini,” ucap Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Apabila insentif yang diberikan terhadap PPnBM dilengkapi dengan penerapan DP 0%, maka diharapkan akan meningkatkan keinginan masyarakat kelas menengah ke atas untuk membeli mobil. Dampak yang diberikan adalah kembalinya laju perekonomian negara.


Baca juga: 6 Alasan Memilih Toyota Agya 2021 sebagai Mobil Pertama


Contoh Sukses Penerapan Stimulus untuk Industri Otomotif di Negara Lain

Sebelumnya, Malaysia telah lebih dulu menerapkan ketetapan ini. Ketetapan ini diumumkan pada bulan Juni 2020 oleh Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin pada pidato rencana pemulihan ekonomi jangka pendek.


Malaysia menerapkan pengurangan pajak penjualan sebesar 100% untuk mobil yang dirakit di dalam negeri (CKD) dan potongan sampai dengan 50% untuk mobil yang dirakit di negara asalnya (CBU). Tarif pajak kendaraan baru baik CKD atau CBU di Malaysia sama-sama sebesar 10 persen.


Dengan adanya penerapan stimulus ini, Malaysia mencatat kenaikan tren penjualan kendaraan. Periode pembebasan pajak mobil baru yang berlaku sejak 15 Juni sampai 31 Desember 2020 ini memberikan dampak positif bagi industri otomotif di Malaysia.


Pada bulan Agustus 2020 lalu, penjualan mobil bulanan di Malaysia bahkan melebih target yang ditetapkan Asosiasi Otomotif Malaysia (MAA). MAA menetapkan target penjualan mobil sebanyak 49.000 unit per bulan di tahun 2020. Karena adanya relaksasi pajak ini, penjualan mobil di Malaysia melebihi 50.000 unit di bulan Agustus 2020.


Baca juga: 8 Kelebihan Toyota Calya 2021


Syarat untuk Mengajukan Kredit Mobil Toyota DP 0%

Pilih Mobil yang Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Tentunya, untuk dapat mengajukan kredit Anda harus memilih mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial.


Jangan sampai, karena bisa mendapatkan kredit mobil dengan DP 0%, Anda memaksakan mobil yang melebihi kemampuan membeli Anda. Perhatikan dan hitung secara teliti untuk mendapatkan mobil yang memenuhi kebutuhan sesuai kemampuan Anda.


Baca juga: 3 Alasan Utama Memilih Toyota Innova Diesel Matic


Memiliki Rekening yang Stabil dan Sehat di Bank

Setelah menentukan mobil yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda, Anda harus membuktikan bahwa Anda mempunyai rekening yang stabil dan sehat di Bank. Hal ini bukan berarti Anda harus mempunyai uang yang banyak, tetapi lebih ke arah seimbangnya jumlah pemasukan dan pengeluaran secara stabil. Dan bebas transaksi mencurigakan.


Hal ini sesuai dengan Peraturan OJK (POJK) No. 35/POJK.05/2018 dimana OJK memperbolehkan perusahaan pembiayaan memberikan kredit DP 0% dari harga jual mobil bila pemohon menunjukkan kondisi keuangan sehat dilihat dari rasio kredit bermasalah (Non Performing Finance) net lebih rendah atau sama dengan 1%.


Baca juga: 4 Kelebihan dari Mesin Diesel 2GD-FTV pada Toyota Innova, Fortuner, & Hilux


Melengkapi Dokumen yang Diperlukan

Bukan hanya rekening sehat, ada juga dokumen administrasi yang perlu dilengkapi sebagai bahan pertimbangan untuk pihak leasing dalam menyetujui atau tidaknya pengajuan kredit mobil Anda.


Biasanya, dokumen yang diperlukan untuk pengajuan kredit adalah Kartu Keluarga (KK), kartu identitas (KTP), NPWP, slip gaji, dan rekening koran atau tabungan tiga bulan terakhir. Tapi bukan tidak mungkin pihak leasing, meminta Anda untuk menyiapkan berkas tambahan lainnya.


Baca juga: Toyota Optimis akan Produksi 9,2 Juta Mobil di 2021


Sudah paham kan Tunas Friends mengenai syarat apa saja yang perlu dipenuhi untuk melakukan kredit mobil baru Toyota Anda? Pasti Tunas Friends tambah tergiur ya dengan adanya insentif yang diberikan pemerintah untuk pembelian mobil baru?


Kalau begitu, Tunas Friends bisa langsung cek spesifikasi produk Toyota Indonesia beserta pricelist-nya di sini. Tunggu apalagi? Yuk cek sekarang!