Search

3 Alasan Utama Memilih Toyota Innova Diesel Matic


innova diesel matic

Innova diesel memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat. Mayoritas masyarakat Indonesia menganggap Innova diesel matic adalah mobil terbaik. Itulah mengapa mobil legendaris ini sangat populer di negara Indonesia.


Dengan mesin diesel dan sistem transmisi otomatis, membuat performanya semakin tangguh dan efisien. Innova diesel sempat mengalami pembaruan dengan tampilan interior dan eksterior yang lebih berkelas.


Selain itu, Toyota mengembangkan Innova diesel matic dengan mesin terbaru yaitu tipe 2GD. Fitur-fitur unggulannya pun dapat diacungi jempol, begitu pula dengan bahan bakarnya yang cenderung irit.



Tunas Friends bisa memilih mobil ini sebagai mobil keluarga yang dapat diandalkan. Bahkan, Tunas Friends bisa membawanya bepergian ke mana pun dengan jarak dekat atau jauh.


Di bawah ini ada tiga alasan utama, mengapa Tunas Friends harus memilih Toyota Innova diesel matic. Alasan-alasan berikut bisa dijadikan bahan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk membelinya. Simak lebih lengkap yuk!


Baca juga: Spesifikasi Toyota Innova Diesel dan Harga Kijang Innova Terbaru 2021


Mesin Innova Diesel yang Bertenaga

Toyota Innova berbahan bakar diesel versi terbaru memiliki tenaga mesin yang cukup besar. Dilengkapi dengan dapur pacu 2GD-FTV 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC VNT Intercooler dan berkapasitas 2.393 cc.


Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 146,9 HP pada putaran 3.400 RPM dengan torsi maksimum mencapai 367 Nm pada putaran 1.200-2.600 RPM. Angka ini khusus untuk sistem transmisi otomatis atau dikenal dengan sebutan matic.


Mari bandingkan dengan Innova berbahan bakar bensin yang menggunakan mesin 1TR-FE 4-silinder 16-katup berteknologi DOHC Dual VVT-i dan berkapasitas 1.998 cc. Tenaganya mencapai 137 HP per 5.600 RPM dengan torsi maksimum 183 Nm per 4.000 RPM.


Berdasarkan fakta di atas, walaupun sama-sama tangguh, Toyota Innova diesel matic terhitung lebih bertenaga daripada Toyota Innova bensin.


Baca juga: Total Biaya Servis Berkala Toyota Innova Diesel 2021


Innova Diesel Matic Memiliki Torsi yang Lebih Besar

Sempat disinggung juga bahwa Innova diesel matic memiliki torsi yang besar. Mari bahas secara lebih detail di bagian ini.


Torsi yang kecil memberikan efek kurang responsif saat akan menambah traksi ketika berkendara. Oleh karena itu, Toyota Kijang Innova diesel bertransmisi otomatis sangatlah cocok bagi Tunas Friends yang suka berkendara jarak jauh dengan keluarga besar.


Mesin Innova diesel matic versi terbaru bisa menghasilkan torsi hingga 367 Nm per 1.200-2.600 RPM. Sementara yang bertransmisi manual hanya mampu mengeluarkan torsi maksimum 349 Nm per 1.200-2.800 RPM.


Walau perbedaannya tidak banyak, efeknya tetap terasa. Tapi jangan khawatir, baik matic maupun manual, keduanya masih memiliki performa yang tangguh kok!


Baca juga: Spesifikasi Lengkap Toyota Venturer Diesel dan Harga Innova Venturer 2021


Irit BBM

Selain tenaga dan torsi, diketahui pasti bahwa mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih hemat dibandingkan versi bensinnya.


Dari berbagai sumber yang sudah melakukan uji coba berkendara di dalam kota menggunakan Innova diesel, tercatat konsumsi bahan bakar sampai dengan 13 kilometer per liter.


Sementara di jalan bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya mencapai 18 kilometer per liter. Bagaimana jika dibandingkan dengan Innova berbahan bakar bensin?


Innova berbahan bakar bensin hanya mampu menempuh jarak di dalam kota sejauh 9 kilometer per liter, dan 12 kilometer per liter di jalan bebas hambatan.


Terbukti bahwa ini dapat dijadikan alasan utama Tunas Friends harus memanfaatkannya sebagai mobil keluarga terbaik.


Baca juga: Hasil Uji Tabrak Toyota Kijang Innova, Bintang 5 ASEAN NCAP


Spesifikasi Innova Diesel

Selanjutnya, saatnya Tunas Friends mengetahui spesifikasi Innova diesel. Dengan mesin 2GD-FTV, mobil ini dapat dikatakan memiliki performa yang mumpuni sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).


Tersedia dalam kapasitas diesel 2.393 cc dengan dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 6-percepatan.


Melihat interiornya, Toyota Innova mengadopsi konsep kabin seperti ruang keluarga yang nyaman. Mobil dengan kapasitas hingga 7 orang ini menggunakan fitur Captain Seat dan wood panel yang dapat memberi kesan “mobil keluarga mewah”.


Ada pula ragam fitur lainnya seperti Premium Illumination LED (tipe V) untuk pencahayaan ruang, Auto A/C untuk pengaturan temperatur, Integrated Air Purifier (Car Ionizer), dan All Auto Window untuk pengaturan kaca mobil.


Selain itu, terdapat fitur hiburan berupa Head Unit dengan tambahan menu multimedia seperti Radio, USB, Bluetooth, Miracast, Mirroring, hingga Smartphone Connection. Pada ruang kemudinya, terdapat fitur TFT Type MID yang inovatif dan informatif.


Di samping kenyamanan fitur dan ketangguhan performa, tersemat fitur keselamatan yakni fitur Dual Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), dan juga ISOFIX.


Fitur-fitur ini pun bisa Tunas Friends jadikan alasan dan pertimbangan utama, mengapa memilih mobil ini sebagai mobil keluarga sehari-sehari yang Tunas Friends gunakan.


Baca juga: Harga Fortuner dan Innova 2021 Terbaru, Setelah 3 Bulan Rilis


Harga Innova 2021

Berikut ini merupakan tabel yang berisi daftar harga Innova 2021 dari Tunas Toyota. Harga Innova 2021 yang tercantum disesuaikan dengan OTR Jakarta per Februari 2021.



Harga Innova 2021 dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan. Oleh karena itu, selalu cek perkembangannya secara lebih lengkap di Tunas Toyota. Atau, klik di sini untuk melihat harga mobil Toyota lainnya.