Search

Toyota Optimis akan Produksi 9,2 Juta Mobil di 2021


mobil toyota

Meski dunia belum seutuhnya pulih, Toyota tetap optimis dalam keberlangsungan bisnisnya. Hal ini terlihat dari Toyota yang menargetkan produksi 9,2 Juta unit mobil Toyota secara Global di sepanjang tahun 2021.


Rencana target produksi ini lebih tinggi 2% dibanding produksi mobil Toyota tahun 2019, sebelum virus corona mewabah.


Menurut Nikkei Asia yang dikutip dari Reuters Kamis, 4 Februari 2021, “Produsen mobil telah menginformasikan pemasok utamanya tentang rencana tersebut, yang mencerminkan momentum penjualan di China dan pemulihan permintaan di Amerika Utara dan Jepang”

Toyota optimis menghadapi target yang dipasang dan berharap adanya penjualan yang solid, berkat adanya vaksin virus corona yang mulai didistribusikan di dunia.


Hal ini juga diperkuat dengan fakta bahwa Toyota merupakan produsen otomotif terbesar di dunia pada tahun 2020, ketika industri otomotif mengalami kesulitan secara keseluruhan. Toyota meraih peringkat satu menjadi produsen terbesar di sepanjang tahun 2020, meski penjualan Toyota mengalami penurunan sebesar 10,5%.


Penjualan Toyota tahun kemarin ditopang oleh pasar China dengan penjualan yang naik sekitar 10,9% dibanding tahun sebelumnya. Pasar Amerika Utara, Eropa, dan Jepang juga menopang pencapaian Toyota di tahun 2020.



Yuk simak artikel ini untuk tahu mengenai penjualan Toyota di tahun 2020 dan 2021.


Baca juga: Toyota Indonesia Tetap Menjadi Market Leader di Tengah Pandemi


Target Produksi Mobil Toyota di 2021

Toyota menargetkan jumlah produksi total 9,2 juta secara Global dan 3,2 juta di Jepang. Angka produksi 3,2 juta di Jepang, merupakan target yang telah dinaikan 9% dari tahun kemarin, tetapi turun 7% apabila dibandingkan dengan tahun 2019.


Toyota optimis akan target yang cukup berani ini karena rilisnya vaksin COVID-19 di dunia.


Target produksi yang cukup ambisius ini sempat dihadapi masalah, yaitu pemasok suku cadang mengatakan adanya keterbatasan jumlah chip semikonduktor. Namun, menurut Toyota hal ini tidak akan menjadi masalah, karena akan ada prospek penggandaan chip kedepannya.


Denso, selaku pemasok suku cadang Toyota mengatakan, “Tidak ada dampak saat ini, tetapi pasokan dan permintaan chip akan tetap terbatas hingga musim panas tahun ini”

Baca juga: Mobility Happiness for All untuk 50 Tahun Toyota Indonesia


Toyota Menjadi Produsen Mobil Terlaris di 2020

Meski tahun 2020, merupakan tahun yang sangat sulit untuk para pemain di sektor industri otomotif karena adanya pandemi, Toyota mampu meraih peringkat pertama sebagai merek mobil terlaris.


Toyota berhasil menjual 9.528.438 unit di tahun 2020 secara Global, jumlah ini menurun sekitar 11,3% dari tahun sebelumnya.


Terdapat berbagai masalah yang tak dapat dipungkiri oleh Toyota dan seluruh merek di pasar otomotif dunia, seperti gagalnya penyelenggaraan acara-acara otomotif di berbagai negara dan juga pembatasan sosial yang menghambat konsumen untuk pergi ke dealer membeli mobil.


Meski terjadi penurunan, Toyota tetap mampu melihatkan keberhasilannya sebagai mobil terlaris berkat inovasi-inovasi baru yang ditawarkan oleh Toyota di masa pandemi kemarin.


Baca juga: Makna dari Logo Ulang Tahun ke-50 Toyota Indonesia


Bagaimana pendapat Tunas Friends mengenai target yang telah ditetapkan oleh Toyota? Mari berharap agar Toyota bisa mencapai targetnya dan mempertahankan posisinya sebagai market leader di industri pasar otomotif. Dan yang paling penting lagi, mari sama-sama berdoa dan berjuang agar dunia segera kembali pulih ya, Tunas Friends!


Makin penasaran sama mobil Toyota? Tunas Friends bisa cek produk Toyota beserta harganya di sini. Tunas Friends juga bisa booking service mobil Toyota kesayangan di sini.



36 views0 comments