Search

Toyota Indonesia Tetap Menjadi Market Leader di Tengah Pandemi


toyota indonesia

Lagi-lagi Toyota Indonesia memperlihatkan komitmennya untuk menjadi teman terbaik untuk mobilitas masyarakat Indonesia. Di tengah pandemi tahun 2020 yang menantang untuk berbagai sektor di Indonesia, Toyota Indonesia tetap mempertahankan posisinya sebagai market leader.


Posisi ini dipertahankan Toyota Indonesia dengan total penjualan ritel sebanyak 182.665 unit, dengan level market share 31%, sama seperti tahun 2019.


Susumu Matsuda, selaku President Director PT. Toyota-Astra Motor mengatakan, “Meskipun situasi di tahun 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan line-up kendaraan yang lengkap, tapi juga berbagai layanan,”.

“Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas. Terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” lanjutnya.


Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai penjualan Toyota di Indonesia selama 2020, yuk simak artikel ini.


Baca juga: Mobility Happiness for All untuk 50 Tahun Toyota Indonesia


Total Penjualan Toyota Indonesia di 2020

Sebelum pandemi melanda Indonesia, pada kuartal pertama (Q1) 2020, Toyota Indonesia berhasil melakukan penjualan ritel sebanyak 66.599 unit.


Seiring berjalannya waktu dengan pandemi yang mulai mewabah di Indonesia, Toyota mengalami penurunan penjualan yang tak terelakkan pada kuartal kedua (Q2) 2020. Penurunan tersebut cukup signifikan yaitu 60,4% lebih rendah dari kuartal pertama (Q1) 2020, menjadi 26.366 unit.


Akan tetapi, penjualan ritel Toyota berangsur-angsur kembali pulih dengan adanya 13 produk baru dan program-program inovatif yang memenuhi kebutuhan customer di tengah pandemi, seperti Deal Cermat dan Toyota Spektakuler.


Terdapat juga beberapa program berbasis digital yang diperkenalkan Toyota, seperti Toyota Virtual Expo, Halobeng, mToyota, Toyota Chatbot, sampai KINTO yang menunjukkan inovasi baru dalam bermobilitas.


Dengan berbagai produk dan program baru tersebut, Toyota Indonesia berhasil bangkit pada kuartal ketiga (Q3) dengan menunjukkan penjualan ritel sebanyak 35.111 unit, naik 33,2% dibandingkan kuartal kedua (Q2).


Terus meningkat, Toyota bahkan mengalami peningkatan yang signifikan pada kuartal keempat (Q4) dengan penjualan ritel sebanyak 54.589 unit, naik 55,5% dari kuartal ketiga (Q3).


Baca juga: Makna dari Logo Ulang Tahun ke-50 Toyota Indonesia


Penjualan Toyota Indonesia Dibantu oleh Segmen Mobil MPV dan SUV

Segmen MPV adalah segmen yang memberikan kontribusi terbesar dalam menopang total penjualan ritel Toyota di Indonesia, dengan kontribusi sebesar 57,6%, atau sebanyak 105.274 unit.

Pada segmen MPV Toyota, Avanza Veloz mampu mencatat penjualan sebanyak 40.728 unit yang secara secara komposisi memberikan kontribusi terbesar pada segmen MPV Toyota, sebesar 38,7%.

Disusul dengan Kijang Innova yang turut memberikan kontribusinya sebesar 28,5% dari total penjualan segmen MPV Toyota, atau 29.952 unit.

Selain segmen MPV, segmen SUV merupakan kontributor penjualan ritel Toyota terbesar kedua di sepanjang tahun 2020 dengan komposisi sebesar 26.8% dari total penjualan ritel Toyota Indonesia, atau setara dengan 47.995 unit.

Menurut pembukuan, sebanyak 34.528 unit Toyota Rush berhasil terjual. Dengan angka ini, Toyota Rush yang berada di segmen Medium SUV menjadi kontributor terbesar di segmen SUV Toyota, dengan kontribusi sebesar 71,9%.


Baca juga: 6 Mobil Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Penjualan Kendaraan Niaga Meningkat di Q3 dan Q4

Tidak lain dari produk passenger, produk kendaraan niaga juga merasakan dampak wabah pandemi di Indonesia. Terutama di kuartal kedua (Q2), saat dimana total penjualan ritel menurun drastis sebesar 45%.


Meski begitu, penjualan kendaraan niaga kembali membaik pada kuartal ketiga (Q3) dengan angka kenaikan 16% dibanding kuartal sebelumnya.


Kenaikan pun menjadi lebih pesat di kuartal keempat (Q4), dengan kenaikan sebesar 64% dibanding kuartal ketiga (Q3)


Baca juga: Toyota Avanza, Mobil Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Penjualan Toyota Hybrid Meningkat

Pada tahun 2020, Toyota Indonesia juga menghadirkan lini kendaraan hybrid yang semakin lengkap.

Dari awal hingga akhir tahun, Toyota Indonesia telah menghadirkan berbagai teknologi elektronifikasi. Saat ini, Toyota Indonesia sudah memiliki 5 line up kendaraan elektrifikasi, yang terdiri dari: 4 Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan 1 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Sejak awal diperkenalkannya Toyota Hybrid hingga Desember 2020, Toyota Indonesia berhasil mencatat penjualan ritel sebanyak 3.400 unit.

Minat terhadap kendaraan elektrifikasi Toyota Indonesia selalu meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2009, rata - rata penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota adalah dua unit per bulan. Meningkat, pada tahun 2015 rata-rata penjualannya menjadi 15 unit per bulan.

Pada tahun 2020, peningkatan terjadi begitu pesat, membuat rata-rata penjualan Toyota Hybrid sebanyak 86 unit per bulan. Peningkatan yang terus terjadi menunjukkan semakin banyaknya masyarakat yang menerima kehadiran kendaraan elektrifikasi Toyota sebagai salah satu pilihan sarana mobilitas.

Dengan ini, Toyota Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipilih sesuai kebutuhan pelanggan dan menyebarkan pengalaman bermobilitas dengan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat luas.


Baca juga: Apa itu Mobil Hybrid? Mengenal Lebih Dalam Mobil Hybrid Toyota


Nah, bagaimana menurut Tunas Friends atas prestasi yang dicapai oleh Toyota Indonesia pada tahun 2020 kemarin? Makin penasaran dengan produk Toyota? Tunas Friends bisa cek daftar harga mobil Toyota di sini.


Tunas Friends juga bisa ikut promo cicilan ringan di Tunas Toyota, solusi yang mudah dan cepat untuk memiliki mobil Toyota impian. Mulai dari hanya Rp1,5 jutaan per bulannya. Tunggu apalagi, jangan sampai ketinggalan promonya!



59 views0 comments