Toyota Recall 10 Jenis Mobil di Indonesia, dari Toyota Avanza hingga Toyota Alphard


recall toyota

Toyota recall atau kampanye penarikan kembali dengan tujuan melakukan perbaikan ini berlaku khusus bagi 10 model mobil Toyota. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri dan di seluruh dunia.


Sebab, perintah recall Toyota Indonesia ini datang dari headquarter Toyota di Jepang, yaitu Toyota Motor Corp atau Toyota Global. Di mana alasannya karena penggantian dan pengembangan fuel pump dan brake booster.


Langkah recall Toyota sangat patut diapresiasi sebagai bentuk sebuah tanggung jawab perusahaan dalam terus menjamin kualitas produk yang dibuatnya. Ini dianggap komitmen dari perusahaan untuk selalu memberi yang terbaik bagi para pelanggannya.


"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," ucap Henry Tanoto, Vice President Director TAM (18/3/2021).

Tunas Friends akan dibebaskan biaya perbaikan spare parts dan aktivitas ini pun dapat dilakukan di bengkel mana pun, seperti bengkel terpercaya milik Tunas Toyota. Langsung saja lakukan booking supaya tidak perlu menunggu lama untuk melakukan penggantian.



Mari simak penjelasan di bawah ini mengenai mobil Toyota apa saja yang masuk ke dalam program Toyota recall, sehingga Tunas Friends dapat mempersiapkannya dengan tepat.


Baca juga: Toyota Recall 6 Mobil, Apakah Mobil Anda Salah Satunya?


10 Jenis Mobil yang Toyota Recall

Aktivitas recall Toyota melibatkan 10 mobil Toyota, yakni Alphard (2017-2019), C-HR (2018-2019), Corolla (2019), Camry (2019), Voxy (2018-2019), Kijang Innova (2018-2019), Fortuner (2018-2019), Hilux (2019), Avanza (2017-2019), serta Rush (2017-2019).


Beberapa mobil Toyota tersebut masuk dalam program Toyota recall. Bagi Tunas Friends yang memiliki salah satu dari mobil yang disebutkan di atas, segera kunjungi bengkel Tunas Toyota terdekat dari rumah untuk diservis dan diganti spareparts-nya secara gratis


Baca juga: Manfaat Servis Mobil Toyota secara Berkala


Parts Apa Saja yang Diperbaiki saat Recall Toyota Indonesia

Sudah sempat disinggung sebelumnya bahwa komponen yang akan diganti atau diperbaiki adalah fuel pump dan brake booster.


Terkait fuel pump, sebenarnya permasalahan ini sudah berjalan sejak bulan Juli 2020 di beberapa produk Toyota. Dari hasil pemeriksaan, pada akhirnya Toyota memperluas cakupan model mobil Toyota yang akan diganti fuel pump-nya.


Dengan adanya penambahan model mobil yang terlibat masalah fuel pump, jika ditotalkan jumlahnya, Toyota akan mengimplementasi perbaikan pada mobil sebanyak 286.000 unit.


Bukan hanya fuel pump, Toyota juga mengimbau para pengguna mobil Toyota untuk melakukan pemeriksaan komponen brake booster. Permasalahan umumnya disebabkan adanya potensi yang memengaruhi jalannya kinerja proses sistem pengereman.


Kedua komponen ini, baik fuel pump maupun brake booster, sama-sama berpengaruh terhadap mekanisme mesin.


Oleh karena itu, sangat penting bagi Tunas Friends untuk lebih memperhatikan kondisi mobil yang dipakai termasuk membawanya ke bengkel jika memang ‘diharuskan’. Kalau bisa, jangan menundanya lagi ya!


Baca juga: Total Biaya Servis Berkala Toyota Innova Diesel 2021


Berapa Lama dan Biaya yang Dikeluarkan untuk Recall Toyota?

Membicarakan tentang lamanya waktu penggantian komponen, setiap komponen baik fuel pump ataupun brake booster memiliki jangka waktu perbaikan yang berbeda.


Proses servis komponen fuel pump memakan waktu selama 2 jam hingga 4 jam setelah pemeriksaan. Sementara brake booster membutuhkan waktu paling lama 3,5 jam setelah pemeriksaan.


Keduanya tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Sehingga Tunas Friends tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak uang untuk Toyota recall.


Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Yuk, Bawa Mobil Recall Toyota ke Bengkel Tunas Toyota Terdekat

Bagi Tunas Friends yang masih ragu, apakah mobil yang Tunas Friends miliki masuk ke dalam aktivitas recall Toyota Indonesia, silakan langsung mengunjungi situs resmi Toyota yaitu http://ssc.toyota.astra.co.id/. Tunas Friends hanya perlu mengisi nomor rangka kendaraan dan alamat email, nantinya akan muncul informasinya.


Namun, jika ingin yang lebih cepat, datang saja ke dealer resmi Toyota seperti Tunas Toyota. Lakukan booking terlebih dahulu supaya proses perbaikan komponen berjalan dengan lancar.


Tunas Friends bisa booking recall Toyota melalui situs web Tunas Toyota atau menghubungi langsung ke 1500-798 pada hari kerja.


Baca juga: Estimasi Total Biaya Servis Rutin Toyota Vios Sampai 100.000 Km


Berdasarkan penjelasan beberapa poin penting mengenai recall Toyota Indonesia, inilah saatnya Tunas Friends mempercayai setiap produk Toyota yang ditawarkan.


Sebab, dengan program Toyota recall, membuktikan dengan pasti bahwa Toyota sangat profesional dan berkomitmen tinggi untuk memuaskan para pelanggannya. Bahkan memperbaikinya dengan cuma-cuma, tanpa harus membayar sepeserpun.


Kebijakan ini patut diacungi jempol karena terlihat bahwa Toyota sangat bertanggung jawab atas segala risiko dari produknya. Toyota tidak ingin membuat para pelanggannya kecewa.


Toyota sudah membuktikan, betapa berkualitasnya produk yang dikeluarkan. Jika terjadi kesalahan, Toyota sendiri yang akan memperbaikinya sehingga tidak akan merugikan para pengguna.


Jangan lupa untuk mengunjungi situs web resmi Tunas Toyota dan lakukan booking service di awal supaya tidak perlu menunggu terlalu lama di lokasi untuk proses servis.


Di masa pandemi ini, juga ada banyak promo menarik! Segera cek dan hubungi Tunas Toyota sekarang!



29 views0 comments