Search
  • Admin

Simak! Inilah Tips Memilih Audio Mobil

Updated: Jul 19


Tips Audio Mobil
Tips Audio Mobil

Sound system mobil merupakan hal yang bisa menjadi hiburan untuk kita sendiri. Suara yang dikeluarkan dari audio mobil menemani kita di sepanjang perjalanan. Selain menemani kita di sepanjang perjalanan, bisa juga untuk menghilangkan rasa kantuk saat berkendara.


Sebelum kalian memilih audio untuk mobil, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu, mulai dari audio, hingga mobil itu sendiri. Berikut merupakan 6 Tips Memilih Audio Mobil.


Fitur Audio

Pilihlah audio yang memiliki fitur lengkap di dalamnya, agar ketika musik diputar kalian bisa mengatur suara audio sesuai dengan keinginan kalian sendiri.


Baca juga: Tips memanaskan mesin mobil yang tepat


Pastikan kalian memilih audio yang memiliki fitur untuk mengatur treble, fade, balance, bas dan automatic level control. Jangan lupa juga untuk memilih head unit yang dapat menggunakan DVD, USB dan Bluetooth.


Cek Sound Terlebih Dahulu

Setelah kalian sudah memilih audio yang memiliki fitur lengkap, juga jangan lupa untuk memperhatikan kualitas suara yang dikeluarkan oleh audio. Jangan sampai suara yang dikeluarkan audio malah menggangu telinga kalian di dalam mobil.


Kabel juga merupakan salah satu faktor yang dapat membuat suara menjadi kurang dinamis. Maka dari itu cek juga kabel-kabel audio apakah ada yang terbalik atau rusak saat melakukan pemasangan.


Baca juga: Tips cara mengemudikan mobil manual


Sesuaikan Sound dengan Keinginan

Speaker terbagi dua jenis yaitu split component dan coaxial. Split component merupakan speaker yang dapat menghasilkan suara sesuai dengan keinginan kita sendiri. Jenis speaker seperti ini memiliki tweeter dan woofer terpasang terpisah.


Sehingga, speaker split component dapat menghasilkan suara yang lebih indah dan lebih nyata. Seiring perkembangan zaman, speaker split component terbagi lagi dua tipe, yaitu 2-way dan 3-way.


Baca juga: Tips merawat ban toyota fortuner


Speaker coaxial memiliki karakter yang berbeda dari split component. Jenis speaker ini memiliki midrange dan tweeter yang terpasang sekaligus di dalamnya. Kebanyakan speaker coaxial ini merupakan jenis speaker standar yang sudah terpasang pada setiap mobil.


Cek Instalasi

Instalasi pada saat pemasangan audio dalam mobil juga salah satu faktor penting yang berpengaruh pada suara yang keluar dari speaker.


Jangan sampai pada saat pemasangan audio, kabel-kabel berceceran di mana-mana sehingga kusut bahkan sampai rusak. Jika ada kabel yang sampai rusak atau bahkan putus, itu akan sangat mengganggu kualitas suara yang dihasilkan speaker.


Baca juga: Tips membersihkan jok mobil toyota raize


Rapihkan instalasi kabel. Tempatkan pada tempat tersembunyi yang aman agar kabel terlindungi sehingga dapat menghasilkan kualitas suara yang maksimal.


Agar speaker tetap terjaga aman dan terlindungi dari guncangan pada saat mobil sedang melaju, gunakan bahan karet atau bahan lainnya yang memiliki tekstur empuk.


Frekuensi Luas

Batas frekuensi yang dapat diterima oleh telinga manusia adalah 20 Hz. Jika kalian ingin mendengarkan lagu yang memiliki vokal dengan nada tinggi. Kalian bisa memilih speaker dengan frekuensi 40 Hz ke atas.


Baca juga: Tips memilih cover mobil terbaik


Sebaliknya jika kalian ingin menghasilkan suara yang menggelegar, kalian bisa memilih speaker yang memiliki frekuensi 40 Hz ke bawah. Frekuensi yang rendah merupakan speaker yang lebih sesuai dengan suara rendah seperti musik rock.


Power Amplifier

Cek terlebih dahulu nilai output dari power amplifier yang terpasang pada mobil kalian. Setelah itu cocokan dengan nilai input pada bagian spesifikasi speaker agar kompatibel.


Baca juga: Sudah tau? inilah bagian dan fungsi knalpot mobil


Karena harus ada kesesuaian antara yang diterima mobil dan juga yang diberikan oleh speaker. Rata-rata speaker memiliki output mulai dari 30 W sampai 150 W.

13 views0 comments