Apa itu Platform TNGA pada Mobil Toyota Terbaru?

Updated: Jan 5



Beberapa jenis mobil Toyota telah menggunakan platform terbaru. Platform khusus mobil Toyota terbaru ini dinamakan Toyota New Global Architecture atau yang disingkat menjadi TNGA.


Adakah dari Tunas Friends yang memahami maksud dari platform TNGA? Toyota sengaja menciptakan platform ini dengan tujuan sebagai identitas dari mobil Toyota versi terbaru yang mereka ciptakan.


Bukan hanya itu, dengan adanya platform ini diharapkan bisa menyadari masyarakat bahwa produk-produk yang diciptakan Toyota memiliki spesifikasi produk yang unggul. Serta, mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.



Lebih jelasnya mengenai Toyota New Global Architecture (TNGA), mari simak pembahasannya berikut, termasuk sejarah, konsep, hingga tahap produksinya.


Baca juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Toyota Anda Secara Online


Apa itu Toyota New Global Architecture (TNGA)?

Pertama, ketahui dahulu mengenai definisinya. Ini adalah dasar pengetahuan yang harus Tunas Friends pahami sebelum mengenal hal lainnya.


Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, menjelaskan bahwa TNGA merupakan platform terbaru untuk lini Toyota yang memadukan tiga unsur utama di dalam satu struktur. Unsur-unsur tersebut meliputi Agility, Stability, dan Visibility.


Agility terdiri dari struktur sasis mobil dengan center of gravity yang rendah dan radius putar yang kecil. Dengan adanya struktur ini, mobil milik Tunas Friends berkemampuan untuk melakukan manuver yang lebih lincah dengan sistem kemudi yang mudah dikendalikan.


Lalu, Stability yang lebih mengedepankan kekuatan sasis mobil dengan penambahan material khusus. Sehingga ada peningkatan sebesar 50% dari mobil Toyota yang menggunakan sasis biasa dan mampu memberi stabilitas yang mumpuni saat dikendarai.


Selanjutnya, Visibility dengan desain dasbor mobil yang lebih lebar dan luas. Serta, penampang kaca mobil depan yang juga dibuat lebih lebar. Fungsinya untuk tetap menjaga pandangan pengemudi tetap fokus ke depan ketika berkendara.


Platform ini diluncurkan untuk mendukung berbagai model mobil Toyota terbaru di masa depan dengan dukungan fitur-fitur canggih yang akan memenuhi kebutuhan para penggunanya.


Baca juga: Cara Urus dan Daftar Harga Plat Nomor Cantik Mobil


Sejarah TNGA

Toyota dikenal sebagai produsen otomotif dengan peluncuran produk yang berkualitas tinggi. Toyota juga merupakan inspirator bagi pabrik otomotif lain di dunia. Salah satu sistem produksi yang legendaris sejak tahun 1948 yaitu Toyota Production System (TPS).


Sakichi Toyoda, seorang pendiri Toyota, pada awalnya TPS ini diberi julukan “just-in-time production” yang sudah banyak membantu Toyota melebarkan sayapnya di dunia otomotif yang luas ini.


Pada tahun 2015, Toyota melakukan pengembangan TPS dalam sebuah platform bernama Toyota New Global Architecture (TNGA). Platform TNGA ini fokus pada perancangan dan perencanaan mobil Toyota model terbaru dengan sistem yang lebih efisien.


Baca juga: Masih Tidak Bisa Membedakannya? Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire


Sebenarnya, Apa Alasan Toyota Menciptakan Platform TNGA?

Bermula dari peristiwa Bank Lehman yang kolaps di tahun 2008 yang menyebabkan krisis ekonomi dunia, hingga terjadi perlambatan laju ekonomi di beberapa negara. Peristiwa ini dianggap sebagai peringatan bagi Toyota agar bisa tetap bertahan di tengah-tengah krisis.


Situasi tidak menentu seperti krisis ekonomi global membuat hampir seluruh perusahaan diharuskan mengubah rencana bisnis ke arah yang berbeda, termasuk Toyota.


Perusahaan Toyota memutuskan rehat dan memperkuat daya saingnya. Salah satu langkah yang diambil yaitu menghentikan proyek pabrik baru untuk sementara waktu di berbagai negara, serta memanfaatkan fasilitas pabrik yang sudah ada untuk kegiatan produksi.


Tujuan Toyota mengambil langkah tersebut adalah untuk mengurangi biaya modal dalam setiap pembukaan pabrik baru. Dibuktikan dengan pengurangan biaya investasi modal sebesar 50% dibandingkan tahun 2008.


Sebagai gantinya, Toyota memproduksi beberapa model baru dengan platform TNGA, termasuk mesin baru, penyesuaian transmisi, dan komponen yang mendukung platform ini.


Produksi mobil Toyota dengan platform Toyota New Global Architecture ini diharapkan mampu berkompetisi dengan pola pikir masyarakat dan teknologi masa kini. Serta, dapat menjadikan pabrik otomotif di seluruh dunia menjadi lebih kompetitif.


Baca juga: Kilas Balik 2020: Mobil Toyota Terbaru yang Rilis di 2020


Konsep Platform TNGA

Platform ini pertama kali dipakai oleh Toyota Prius generasi keempat yang diciptakan pada akhir tahun 2015 di acara Tokyo Motor Show. Konsepnya, TNGA akan digunakan pada berbagai jenis, dimensi, dan sistem penggerak mobil Toyota versi terbaru.


Pada platform ini, Toyota juga telah memperbaiki komponen atau spare parts inti mobil dengan tujuan untuk meningkatkan daya tarik masyarakat.


Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Tahap Produksi

Secara umum, Toyota sudah menggunakan lebih dari 100 platform dan sub-platform dengan modifikasi 800 powertrains yang dirancang untuk platform berbeda. Hadirnya TNGA, membuatnya hanya membutuhkan 5 layout untuk seluruh jenis mobil Toyota.


Perlu diketahui, walaupun platformnya sama, mobilnya tidak akan terlihat sama. Ibaratnya, setiap mobil dengan visual berbeda yang diciptakan oleh Toyota mengusung standar platform TNGA.


Platform ini tidak hanya memberikan kualitas terbaik, tapi juga lebih efisien dalam kegiatan produksinya. Kini, dalam satu model mobil bisa terdiri dari beberapa jenis mesin tanpa memerlukan tahapan produksi ekstra seperti sebelumnya.


Para pekerja juga tidak perlu lagi repot-repot memasang radiator secara terpisah, sebab sudah terdapat radiator di dalam satu platform TNGA. Sehingga proses perakitannya pun lebih singkat dan lebih menghemat waktu. Toyota pun bisa meningkatkan kuantitas produksi.


Baca juga: Kupas Tuntas Perbedaan Toyota Hilux Single Cabin dan Double Cabin


TNGA’s Five Domains

Kualitas Berkendara

Platform TNGA akan mengedepankan kualitas berkendara Tunas Friends. Didukung dengan sistem akselerasi yang mulus saat pertama kali menginjak pedal gas. Mesin mobil terasa nyaman saat melintasi berbagai medan jalan.


Kenyamanan Berkendara

Tunas Friends akan merasakan kenyamanan dengan interior kabin mobil yang lapang dan jarak pandang yang luas. Ditambah suara mesin yang tidak terdengar bising saat mobil melaju. Pengalaman perjalanan Tunas Friends pun terasa lebih menyenangkan.


Kemudahan Pengguna

Fitur-fiturnya sangat ramah pengguna. Terdapat desain interface yang intuitif dan atraktif, serta mudah dalam pengoperasiannya. Juga, teknologi canggih dan modern lainnya dapat menambah pengalaman baru Tunas Friends saat berkendara.


Kebanggaan untuk Memiliki

Mobil Toyota terbaru dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) ini dapat meningkatkan rasa percaya diri karena gaya dan desainnya yang menarik dan kekinian. Didukung dengan performa mumpuni dengan mesin yang ramah lingkungan.


Keamanan Berkendara

Tunas Friends akan merasa aman saat berkendara karena telah didukung bodi yang kuat dan fitur keselamatan kelas dunia yang telah teruji dengan baik. Perjalanan pun akan terasa nyaman dan aman, tanpa kekhawatiran berarti.


Baca juga: 8 Strategi Memulai Bisnis Food Truck dengan Toyota Dyna


Saatnya Tunas Friends memiliki mobil Toyota baru berkualitas tinggi dengan penerapan platform TNGA terbaik. Jika masih bingung, lihat spesifikasi produk lebih lengkapnya dan sesuaikan dengan kebutuhan Tunas Friends.



Harga mobil Toyota terbaru juga bervariasi, klik di sini untuk harga mobil Toyota yang lengkap. Dapatkan mobil terbaik hanya di dealer resmi Tunas Toyota!

9 views0 comments
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2021

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company