top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Memahami Cara Kerja dan Fungsi Airbag Mobil

Diperbarui: 14 Okt 2022


Airbag mobil
Airbag mobil

Secara definisi airbags adalah suatu fitur keselamatan tambahan yang berada di mobil untuk meminimalisir cedera penumpang saat terjadinya tabrakan, khususnya untuk mengurangi terjadinya cidera berat pada bagian vital seperti kepala.


Letak airbag sendiri berbeda-beda, tergantung dari tipe dari mobil yang Tunas Friends miliki, airbags ini standarnya ada pada bagian depan, namun beberapa ada juga yang letaknya di samping.



Meskipun perannya penting ketika terjadi benturan ternyata tak semua jenis benturan akan membuat airbags ini aktif, loh. Oleh karena itu pengendara harus memahami manfaat airbags dan cara kerjanya seperti apa. Untuk lebih jelasnya yuk ikuti ulasannya di bawah ini.


Fungsi airbag pada mobil

Seperti penjelasan di awal, airbags ini memang memiliki peranan penting ketika terjadi kecelakaan. Meskipun tidak melindungi secara keseluruhan, namun airbags ini sangat penting untuk mengurangi terjadinya kerusakan berat.


Meskipun kerusakan pada mobil tidak dapat dihindarkan apabila terjadi benturan, Akan tetapi dengan adanya airbag, kerusakan pada interior mobil bisa terminimalisir. Apabila kerusakan bisa terminimalisir, maka kita sebagai pengemudi atau penumpang tentu akan lebih amann.



Sekali lagi, meski tidak dijamin secara keseluruhan, namun airbags ini sangat penting untuk melindungi beberapa bagian vital pengendara maupun penumpang, seperti bagian kepala dan dada. Dengan adanya fitur ini membuat setidaknya menjadi lebih terjaga.


Setiap mobil memiliki jumlah airbags yang berbeda, bahkan pada toyota yaris contohnya, pilihan tipe mobil yaris ini dibedakan berdasarkan jumlah airbags yang terpasang. Setidaknya terdapat 3 hingga 7 titik airbag yang bisa dipilih pada mobil toyota yaris ini.

Fungsi Airbag mobil yaris
Fungsi Airbag mobil yaris

Cara Kerja airbag pada mobil

Dalam memberikan perlindungan, airbag ini hadir dengan cara kerjanya yang terbilang sederhana. Apabila mobil mengalami benturan keras saat terjadinya tabrakan, sensor mobil akan mengirim sinyal dan membuat kawat kantung menjadi panas. Setelah itu, dari panas tersebut akan menghasilkan gas nitrogen yang akan mengisi airbag.


Setelah itu, airbag akan mengembang dengan cepat untuk memenuhi beberapa bagian mobil dan melindungi pengemudi dan penumpang di dalam. Apabila airbag berhasil mengembang dan kepala penumpang membentur airbag, airbag tersebut akan mengecil secara perlahan karena nitrogen di dalam airbag sudah mulai keluar.



Selain airbag depan, airbag mobil yang dipasang di samping juga diaktifkan saat mobil bertabrakan di suatu sudut. Contohnya, saat terjadi tabrakan di sisi kiri, airbag kanan tidak akan mengembang. Airbag samping mobil bekerja secara berbeda dari airbag pada dibagian depan pengemudi atau dashboard.


Faktanya, airbag memang sangat bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang. Airbag dapat mengembang dalam waktu yang cepat. Tak heran jika fitur keselamatan yang satu ini harus ada pada mobil.


Itulah tadi beberapa kegunaan penting dari airbag mobil. Penting untuk mengetahui kapan fitur ini muncul dan kapan tidak. Setelah itu juga menggunakan fitur sabuk pengaman menjadi hal yang sangat penting ketika sedang berkendara.



Karena bisa kapan saja terjadi, mengemudi dengan aman dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas menjadi hal utama yang terpenting. Tentu bila berkendara dengan aman akan lebih memberikan perlindungan baik bagi pengemudi maupun penumpang.


Perlu diketahui juga, saat ini mobil-mobil toyota mulai dari mobil paling murah hingga mahal hampir seluruhnya sudah menggunakan fitur airbag untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan berkendara yang lebih terjamin.


Bila tunas friends membutuhkan informasi mengenai airbag mobil toyota ataupun melakukan servis mobil toyota bisa langsung menghubungi kami dengan cara mengklik tombol di bawah ini.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentários


bottom of page