top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Penting! Cek Bagian Mobil Ini Sebelum Melakukan perjalanan Mudik

Diperbarui: 2 Mei 2023


Service Mobil
Service Mobil

Musim mudik lebaran memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat indonesia. Karena disaat itulah, keluarga-keluarga akan berkumpul bersama-sama untuk merayakan Idul Fitri.


Namun, perlu diingat bahwa saat musim mudik, kendaraan seperti mobil menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai bagian mobil yang harus diservis sebelum lebaran. yuk, disimak ulasannya.


Ban Mobil

Ban merupakan bagian mobil yang paling penting untuk diservis sebelum perjalanan jauh. Kita harus memastikan bahwa ban kendaraan dalam kondisi yang baik, tidak kurang tekanannya, dan tidak aus.



Melakukan pengecek keadaan kembang ban juga sangatlah penting, pastikan tidak ada benda asing yang tertancap, dan pastikan kondisi tapak ban masih baik. Hal ini sangat penting karena ban adalah satu-satunya komponen mobil yang langsung bersentuhan dengan jalan.


Sistem Pengereman

Sistem rem menjadi bagian mobil lain yang harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan jauh. Pastikan bahwa rem kendaraan dalam kondisi yang baik, kampas rem tidak habis, dan tidak ada kebocoran pada sistem rem. Ini akan membantu menghindari masalah pada saat pengereman saat mengendarai mobil.


Terlebih ketika kita melakukan perjalanan jauh dan kondisi rem tentu akan semakin sering digunakan, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan melakukan servis rem mobil tentu menjadi hal yang wajib sebelum melakukan perjalanan mudik.



Ganti Oli

Oli juga adalah bagian mobil yang sangat penting untuk diservis atau diganti apabila kondisi sudah tidak baik. Pastikan bahwa oli kendaraan dalam kondisi yang baik dan cukup. Ganti oli jika sudah melebihi jarak tempuh yang dianjurkan oleh pabrik kendaraan atau jika sudah terlihat keruh atau warnanya sudah sangat gelap. Jangan lupa untuk memeriksa oli rem dan oli transmisi juga.


Tunas Friends bisa langsung mendatangi bengkel mobil toyota terdekat untuk melakukan pergantian oli agar memastikan oli yang digunakan asli dan sesuai dengan peruntukan yang dibutuhkan mobil toyota tunas friends.



Cek Kelistrikan

Pastikan sistem kelistrikan kendaraan berfungsi dengan baik sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksa apakah lampu-lampu kendaraan berfungsi dengan baik, baik itu lampu depan, belakang, lampu rem, dan lampu sein.


Periksa juga klakson mobil, radio, dan semua fitur kelistrikan lainnya yang ada pada mobilmu. Kelistrikan yang buruk dapat menyebabkan masalah yang tidak terduga, seperti mogok atau rusak pada saat perjalanan. Tentu hal ini sangat dihindari ketika sedang melakukan perjalan mudik.



Pastikan AC Normal

Memastikan kondisi AC bekerja dengan baik menjadi penting ketika kita melakukan perjalanan mudik. Pastikan bahwa suhu yang keluar dari ventilasi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Jika AC kendaraanmu tidak berfungsi dengan baik, maka kamu bisa mengalami kesulitan saat berkendara, terutama saat perjalanan jauh.


Dan tentu apabila terjadi masalah pada bagian ac akan mengganggu kenyamanan ketika sedang dalam perjalanan.


Cek Kondisi Suspensi Mobil

Pastikan bahwa suspensi kendaraan dalam kondisi yang baik sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksa apakah suspensi mobil tidak bocor, tidak bergejolak, dan tidak ada suara-suara yang tidak wajar. Suspensi yang buruk dapat menyebabkan mobil tidak stabil dan dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara.



Selain itu, bila tunas friends melakukan perjalanan ke daerah pedesaan dengan kondisi jalanan yang tidak bagus, tentu peran suspensi disini sangatlah penting. Terutama untuk memastikan kenyamanan pada bagian kabin ketika sedang berkendara.


Pastikan Kondisi Wiper Baik

Pastikan bahwa wiper kendaraan dalam kondisi yang baik. Periksa kondisi karet wiper, pastikan tidak ada retak atau kusam. Ganti wiper jika sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menjadi penting terutama ketika sedang dalam kondisi jalanan yang hujan.


Kondisi wiper yang buruk tentu akan mengurangi fungsinya terutama ketika sedang hujan, yang pada akhirnya tentu akan mengganggu pandangan ketika sedang berkendara di kondisi jalanan yang hujan.



Itulah beberapa bagian dari mobil yang perlu tunas friends perhatikan untuk segera di servis apabila ingin melakukan perjalanan mudik. Demi melayani perjalanan mudik dan memastikan kendaraan toyota tunas friends dalam keadaan prima, Bengkel Tunas Toyota juga melayani servis mobil toyota.


Untuk mempermudah, tunas friends bisa melakukan booking service melalui website resmi. Jadi, tunggu apa lagi, servis mobil mu segera di bengkel resmi Tunas Toyota agar perjalanan mudik menjadi lebih aman dan nyaman. Klik tombol di bawah ini yah.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page