top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Service Mobil Sepulang Mudik, Seberapa Penting?

Diperbarui: 15 Mei 2023


Mudik menggunakan mobil keluarga
Mudik

Musim mudik Lebaran sudah berakhir. Namun, setelah selesai mudik, mobil yang digunakan untuk perjalanan jauh tentunya perlu mendapatkan perawatan agar siap digunakan kembali di kemudian hari.


Untuk itu, ada beberapa layanan service mobil setelah mudik Lebaran yang dapat Tunas Friends lakukan untuk menjaga kondisi mobil Tunas Friends tetap prima ketika akan digunakan kembali.


Service Rutin

Service mobil setelah mudik Lebaran yang pertama adalah service rutin. Saat melakukan perjalanan jauh, mobil tentunya akan mengalami beberapa hal seperti terkena debu, kotoran, dan juga gesekan yang cukup tinggi karena perjalanan yang jauh.



Maka dari itu, sangat disarankan setelah mudik Lebaran selesai segera melakukan service rutin pada mobil Tunas Friends. Service rutin akan membantu Tunas Friends mengecek kondisi mesin, oli, ban, dan juga komponen-komponen penting lainnya pada mobil Tunas Friends.


Ketika kita melakukan servis rutin, tentu kita menjadi tahu bagian mana-mana saja yang bermasalah setelah mobil digunakan ketika mudik. Hal ini juga dilakukan untuk mengetahui bagian mana saja yang perlu dilakukan pergantian agar mobil kembali nyaman digunakan.


Pembersihan Mobil

Pembersihan mobil juga menjadi hal yang penting setelah mudik Lebaran selesai. Mobil yang telah melalui perjalanan jauh tentunya akan sangat kotor dan berdebu. Belum lagi kondisi jalanan yang mungkin berlobang dan teradapat genangan air yang dapat mengotori bagian luar mobil.



Pembersihan mobil dapat dilakukan secara mandiri atau dengan menggunakan jasa cuci mobil. Pembersihan mobil secara rutin akan membantu menjaga kualitas cat mobil dan juga memperpanjang usia mobil Tunas Friends.


Ganti Oli dan Filter

Ganti oli dan filter juga menjadi salah satu service mobil setelah mudik Lebaran yang penting dilakukan. Saat melakukan perjalanan jauh, mobil tentunya telah mengalami banyak sekali gesekan dan keausan pada komponen mesin.


Dengan kita melakukan ganti oli mobil dan filter secara rutin akan membantu menjaga kesehatan mesin mobil Tunas Friends dan juga meningkatkan performa mobil agar ketika digunakan kembali dengan kondisi yang prima.



Cek Sistem Pendingin

Sistem pendingin juga menjadi hal yang perlu diperiksa setelah mudik Lebaran selesai. Saat melakukan perjalanan jauh, suhu mesin mobil tentunya akan menjadi sangat panas. Belum lagi penggunaan ac yang relatif menjadi lebih lama karena perjalanan yang jauh.


Oleh karena itu, sebaiknya periksa juga kondisi radiator dan kipas pendingin mobil Tunas Friends. Pastikan tidak ada kotoran atau hambatan yang dapat mengganggu aliran udara dan mengakibatkan mobil overheat.


Cek Sistem Rem Mobil

Sistem rem menjadi bagian yang sangat vital, sehingga penting untuk diperiksa setelah mudik Lebaran selesai. Saat melakukan perjalanan jauh, mobil tentunya telah mengalami banyak sekali gesekan pada komponen rem.



Sebaiknya kita langsung periksa kondisi rem dan pastikan bahwa rem masih berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti kampas rem jika sudah aus. Karena menjadi bagian yang penting, bagian yang satu ini terbilang sangat penting di cek ketika sudah melakukan perjalan mudik yang jauh.


Periksa Kondisi Ban

Selain kondisi rem, tentu kondisi ban mobil juga menjadi hal yang sangat penting ketika sepulang mudik. Tentu alasan utamanya adalah apabila mobil melakukan perjalanan mudik yang relatif jauh, tentu bagian ban ini menjadi bekerja lebih berat. Terlebih ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan.


Bukan tidak mungkin hal ini akan menyebabkan kondisi ban menjadi menipis dan tidak layak untuk digunakan, bila kondisi ban seperti ini, tentu hal yang harus segera dilakukan adalah dengan mengecek kondisi ban dan menggantinya bila memungkinkan.



Itulah beberapa bagian dari mobil yang perlu tunas friends perhatikan ketika sesudah melakukan perjalan mudik yang relatif jauh. Jadi, sudahkah tunas friends melakukan servis mobil kesayangannya?


Jika belum, tunas toyota juga menyediakan bengkel resmi toyota yang tersebar di beberapa wilayah di daerah Jabodetabek, jawa barat, banten dan juga lampung.


Untuk mempermudah melakukan servis mobil, tunas friends bisa langsung melakukan booking servis di website resmi kami. Untuk mudahnya, yuk klik link di bawah ini untuk melakukan booking sesuai waktu yang diinginkan.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page