top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mudik, Inilah Tips Jitunya


Mudik bersama keluarga menggunakan mobil
Tips Mudik 2023

Apakah Tunas Friends akan melakukan perjalanan mudik untuk tahun ini? Seperti kita ketahui mudik merupakan tradisi yang sudah menjadi budaya di Indonesia, di mana pada saat menjelang hari raya Idul Fitri, banyak orang yang pulang kampung untuk bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.


Mengingat kondisi pandemi saat ini sudah berangsur membaik tentu banyak dari tunas friends yang akan melakukan mudik pada tahun ini. Pada ulasan kali ini kita akan sedikit membahas tentang tips mudik agar perjalanan bisa berjalan lancar dan aman.


Periksa kendaraan

Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi baik dan siap untuk perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada mesin, rem, kaki-kaki, ban, kelistrikan, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan darurat seperti segitiga pengaman, ban cadangan, dan alat pertolongan pertama.



Bagi tunas friends yang memiliki kendaraan toyota, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel resmi toyota untuk memastikan kendaraan tetap prima ketika digunakan. Beberapa elemen seperti oli mesin, ban, serta beberapa bagian lain memang perlu dilakukan pemerik


Periksa rute perjalanan

Pastikan untuk memperoleh informasi tentang rute perjalanan, baik melalui internet atau informasi dari teman atau keluarga yang sudah pernah melewati rute tersebut. Cek kondisi jalan, kemacetan, dan rute alternatif jika terjadi kemacetan atau kecelakaan.


Mengecek rute sangat penting terutama untuk menghindari jalan-jalan yang mengalami macet ketika musim mudik. Dengan memilih rute yang tepat akan terhindar dari kemacetan panjang dan tentunya mengurangi rasa lelah ketika berkendara.



Hindari perjalanan pada waktu yang sibuk

Selain memilih rute perjalanan, memilih waktu keberangkatan mudik pun menjadi sangat penting. Apabila kita melakukan perjalan di saat jam-jam sibuk tentu volume kendaraan menjadi lebih padat dan kondisi macet akan lebih parah.


Usahakan untuk menghindari perjalanan pada waktu yang sibuk, seperti pada saat libur panjang atau akhir pekan. Sebaiknya memilih waktu yang tidak terlalu ramai seperti menjelang pagi atau malam hari. Dengan begitu, perjalanan bisa lebih lancar dan mengurangi kemacetan.


Penuhi kebutuhan bahan bakar

Pastikan kendaraan terisi penuh bahan bakar sebelum berangkat. Hal ini sangat penting untuk menghindari kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan. Selain itu, pastikan juga untuk membawa uang tunai secukupnya jika terjadi masalah pada mesin atau kendaraan.



Jangan sampai ketika kita sedang melakukan perjalanan bahan bakar habis di tengah jalan dan membuat kendaraan mogok di tengah jalan. Hal ini tentu akan merepotkan terutama ketika kita sedang berjalan di jalan tol dengan kondisi lokasi SPBU yang jauh.


Jangan membawa barang terlalu banyak

Hindari membawa barang terlalu banyak di dalam kendaraan. Usahakan membawa barang yang memang dibutuhkan selama perjalanan, seperti pakaian, makanan ringan, minuman, dan perlengkapan kesehatan. Jangan lupa juga untuk mengecek berat kendaraan agar tidak melebihi batas yang diizinkan.


Kondisi kendaraan yang membawa banyak barang tentu menjadi tidak maksimal, beberapa orang mengatakan beban berlebih pada kendaraan dapat membuat bahan bakar menjadi lebih cepat habis.



Selalu patuhi aturan lalu lintas

Selama perjalanan, selalu patuhi aturan lalu lintas dan jangan terburu-buru. Ingat bahwa keselamatan selalu menjadi prioritas utama. Hindari mengemudi terlalu cepat atau melanggar aturan.


Terlebih perjalanan mudik tentu sangat di tunggu-tunggu keluarga di kampung halaman. Jangan sampai melanggar aturan dan membahayakan yang pada akhirnya membuat perjalan menjadi tidak lancar.


Persiapkan diri secara fisik dan mental

Dan yang paling terpenting selain mempersiapkan kendaraan adalah untuk memastikan kondisi fisik dan mental dalam keadaan yang sehat. Istirahat yang cukup, makanan yang sehat, dan latihan pernafasan bisa membantu memperkuat kondisi tubuh dan membantu mengurangi stres atau kecemasan selama perjalanan.



Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan atau perlengkapan kesehatan yang dibutuhkan. Apabila merasa lelah dan kondisi mengantuk, usahakan langsung untuk pergi ke rest area untuk mengembalikan stamina ketika berkendara dan tentunya agar perjalanan menjadi lebih lancar dan selamat sampai tujuan.


Itulah beberapa tips sederhana untuk mempersiapkan perjalanan mudik menggunakan kendaraan. Jadi, tahun ini tunas friends mudik kemana?

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page