Search

5 Tips Membuat Bahan Bakar Irit Saat Mudik


Tips Mudik Lebaran 2022
Tips Mudik Lebaran 2022

Tahun 2022 ini menjadi cukup spesial, karena pada tahun ini pemerintah kembali mengizinkan perjalanan mudik bagi masyarakat, setelah tahun-tahun sebelumnya dilarang untuk menekan penyebaran pandemi.


Dalam melakukan mudik, terutama menggunakan kendaraan mobil pribadi tentu memerlukan beberapa persiapan agar perjalanan lancar sampai tujuan.


Salah satunya untuk menghemat penggunaan bahan bakar ketika didalam perjalanan. Berikut ini 5 tips untuk membuat bahan bakar lebih irit ketika melakukan perjalanan mudik. Yuk, disimak ulasan di bawah ini.


Cek Tekanan Angin Ban Mobil

Sebelum melakukan perjalanan, Tunas friends bisa melakukan pengecekan tekanan angin pada ban mobil. Hal ini bukan hanya untuk memastikan perjalanan tetap nyaman, namun tekanan angin juga ternyata mempengaruhi penggunaan bahan bakar loh.


Baca juga: Simak! inilah promo service toyota terbaru


Ketika tekanan angin ban kurang dan tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan hal ini akan membuat kerja mobil menjadi lebih berat yang pada akhirnya akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.


Perhatikan Jumlah Muatan

Sama halnya dengan tekanan angin pada ban yang mempengaruhi beban kerja dari mobil, muatan mobil yang berlebih juga ternyata akan sangat mempengaruhi kinerja mobil, apabila muatan pada mobil terlalu besar tentu membuat kerja mobil menjadi lebih berat.


Dengan beban yang berat inilah akan membuat bahan bakar menjadi lebih terkuras. Maka dari itu, ketika akan membawa barang bawaan cobalah untuk memperhatikan jumlah muatan yang dibawa.


Pastikan muatan barang atau bahkan penumpang yang ikut dalam perjalanan mudik tidak melewati batas maksimum muatan mobil tersebut. Tentu dengan muatan yang tidak terlalu berat akan membuat kerja mobil menjadi ringan dan konsumsi bahan bakar bisa sedikit menjadi lebih irit.


Baca juga: Total biaya servis mobil toyota avanza


Pilih Rute Mudik Tercepat

Semakin singkat durasi perjalanan tentu akan semakin membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Sebelum melakukan perjalanan mudik, cobalah untuk mencari rute yang dirasa paling cepat.


Apabila sedang dalam perjalanan mudik, bisa juga menggunakan maps digital yang tersedia pada smartphone. Hal ini untuk melihat kondisi jalan mana yang tidak macet dan dapat menunjukan juga rute tercepat yang bisa dilalui pemudik.


Baca Juga: Toyota home service, solusi servis mobil toyota di masa pandemi


Manfaatkan Eco Mode

Saat ini beberapa mobil sudah memiliki fitur yang memberikan manfaat berupa pengaturan bahan bakar yang lebih irit. Jika mobil toyota tunas friends memiliki fitur yang satu ini, cobalah menggunakan fitur yang satu ini untuk sedikit menghemat bahan bakar ketika dalam perjalanan mudik.


Lakukan Servis Secara Berkala

Tips yang satu ini bisa dilakukan dari jauh-jauh hari. Melakukan servis mobil toyota secara berkala bukan hanya membuat mobil menjadi tetap nyaman ketika digunakan tapi dapat juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi tidak boros.


Beberapa hal dilakukan ketika servis seperti pergantian oli mesin membuat kondisi mesin mobil menjadi tetap bekerja dengan baik. Bila servis mobil tidak dilakukan seperti jarang melakukan pergantian oli mesin membuat kerja mesin menjadi tidak mulus dan tarikan menjadi berat.


Baca juga: Daftar bengkel mobil toyota bandung


Tarikan mesin yang berat tentu akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Selain itu dengan melakukan servis toyota secara berkala membuat mobil menjadi prima ketika digunakan mudik, dan menghindari terjadinya mobil mogok ketika dalam perjalanan mudik.


Itulah beberapa tips untuk menghemat bahan bakar ketika perjalanan mudik, Jika Tunas Friends ingin melakukan mudik dan ingin menservis mobil terlebih dahulu, bisa langsung klik link dibawah ini untuk melakukan booking servis di bengkel resmi Tunas Toyota. Selama Mudik, dan tetap perhatikan keselamatan ketika di perjalanan!



13 views0 comments