Search
  • Admin

Apa Itu Coating Mobil? Inilah Penjelasan lengkapnya


Coating Mobil
Coating Mobil

Kata Coating mungkin saat ini sudah tidak asing lagi, apalagi dikalangan para pencinta otomotif. Terlebih saat ini sedang tren yang namanya Nano Ceramic Coating.


Sedikit penjelasan untuk mengingat, coating mobil merupakan sebuah proses penambahan lapisan untuk body mobil agar warna cat mobil lebih bisa mengeluarkan warnanya sehingga terlihat tidak kusam, mengkilap, sedap dipandang sehingga mobil terlihat seperti baru.


Coating merupakan salah satu solusi untuk Tunas Friends yang ingin menjaga warna cat mobil agar terlihat lebih glossy dan lebih cerah.


Sedikit informasi juga untuk Tunas Friends, umumnya coating menggunakan bahan silikon dioksida (SiO2) yang merupakan bahan baku untuk pembuatan kaca dan keramik.


4 Manfaat Coating Mobil

Coating mobil memiliki banyak manfaat untuk body mobil. Tujuan utama coating mobil yaitu untuk menjaga penampilan body mobil Tunas Friends agar mobil terlihat fresh dan tidak kusam.


Baca juga: Tips merawat cat yaris agar tetap kinclong


Mencegah Warna Cat Memudar

Untuk mencegah warna cat pada mobil memudar, kalian bisa melakukan coating. Karena lapisan coating memberikan perlindungan cat pada body mobil dari pancaran sinar matahari.


Pancaran sinar matahari yang merupakan sinar ultraviolet itu memberikan efek pada permukaan dan warna cat. Body mobil yang sering sekali terpapar sinar matahari akan lebih cepat kusam dan pudar.


Baca juga: Ingin cat ulang mobil? inilah daftar bengkel cat mobil tunas toyota


Maka dari itu salah satu manfaat dari coating yaitu menjaga warna cat mobil agar tidak memudar yang diakibatkan dari paparan sinar ultraviolet yang biasa kita dengar dengan sebutan anti UV.


Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Goresan

Salah satu manfaat lain jika kalian melakukan coating pada kendaraan, body mobil kalian akan memiliki daya tahan lebih terhadap goresan dibandingkan body mobil kalian tanpa menggunakan coating.


Tetapi manfaat yang dihasilkan ini juga tergantung pada kualitas bahan dan jenis coating mobil apa yang diaplikasikan pada body mobil kalian. Faktor ketebalan lapisan coating yang diaplikasikan terhadap permukaan cat juga sangat memengaruhi.


Baca juga: Punya toyota calya putih? simak tips ini agar cat mobil tidak mudah kusam


Daya tahan cat mobil terhadap goresan dan baret juga semakin meningkat jika kalian mengaplikasikan coating dengan lapisan yang cukup tebal.


Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Air dan Jamur

Selanjutnya, manfaat yang ketiga yaitu membuat body mobil dan cat menjadi lebih tahan terhadap jamur karena adanya water repellent effect pada body mobil.


Water repellent effect ini memberikan efek seperti daun talas yang membuat air langsung turun dari kaca, bukannya menempel pada kaca yang membuat kaca mobil menjadi jamur jika tidak langsung dibersihkan.


Baca juga: Ingin ubah warna mobil? ikuti aturan cat ulang mobil ini


Efek ini juga dapat meminimalisir bercak air yang nantinya bisa menjadi jamur ketika bodi mobil terkena hujan atau air saat mencuci mobil.


Coating ini sangat berguna untuk meminimalisir tumbuhnya jamur yang diakibatkan oleh bercak air yang mengering pada body mobil kalian.


Kilap Mobil Menjadi Lebih Tahan Lama

Yang terakhir, coating mobil juga memiliki manfaat yaitu memberikan efek kilap pada body mobil menjadi lebih tahan lama.


Selain coating, ada juga bahan untuk membuat mobil menjadi mengkilap yaitu menggunakan wax atau sealant.


Tetapi mengkilap pada body mobil hanya dapat bertahan 1-3 bulan saja, sedangkan kalau mengaplikasikan coating bisa lebih lama dari itu. Bahkan untuk nano coating dapat membuat body mobil mengkilap sampai 3 tahun lebih loh!


Baca juga: Ingin toyota fortuner lama seperti baru lagi? lakukan cat ulang mobil disini


Nah, informasi di atas merupakan penjelasan lengkap mengenai coating mobil, jika tunas friends ingin melakukan coating kami merekomendasikan satu tempat cooting yang menyuguhkan hasil yang bagus dengan harga yang bersaing. Klik link di bawah ini untuk informasi lebih banyak.



0 comments