Search
  • Admin

Tips Mempersiapkan dan Hal Yang Dapat Dilakukan Ketika Macet Saat Mudik


Mudik memang menjadi momen yang menyenangkan, namun terkadang momen ini dapat rusak karena situasi jalan yang macet. Kondisi macet terkadang membuat bosan dan bahkan emosi, untuk itu kami akan memberi tips ketika terkena macet saat mudik, agar tetap nyaman dan menyenangkan.


Gunakan Fitur Multimedia

Kondisi jalanan yang macet tentu akan menguras waktu yang lama dan pada akhirnya akan mengakibatkan kebosanan. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghibur diri adalah dengan memanfaatkan fitur multimedia yang ada pada kendaraan.


Baca juga: Siap mudik? inilah daftar tarif tol trans jawa 2022 terbaru


Tunas Friends bisa memilih tontonan ataupun playlist musik yang disukai agar perjalanan tetap terasa menyenangkan.


Atur Posisi Senyaman Mungkin

Selain kebosanan, hal lain yang sering dirasakan ketika mudik dalam kondisi macet adalah rasa pegal. Maka dari itu ketika macet terjadi aturlah posisi duduk senyaman mungkin.


Dan apabila mulai terasa pegal, lakukanlah stretching beberapa saat, dengan melakukan hal tersebut akan mengurangi rasa pegal dan juga menjaga diri agar tetap fokus ketika dalam keadaan macet.


Persiapkan Makan dan Minuman

Kondisi macet tak jarang terjadi hingga malam hari, maka dari itu makan dan minuman ringan sebaiknya dipersiapkan untuk menghadapi perjalanan mudik yang macet.


Makanan dan minuman ini nantinya bisa dikonsumsi ketika waktu berbuka puasa telah tiba namun masih terjebak di kondisi macet dan jauh dari rest area.


Baca juga: Sambut mudik lebaran 2022, toyota sediakan 5 posko siaga dan 297 bengkel siaga


Dan tentunya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut akan mengembalikan stamina akibat kelelahan karena macet.


Selain mengkonsumsi makanan dan minuman, obat juga menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan untuk menghadapi macet.


Menahan Emosi

Hal yang satu ini juga penting dilakukan ketika dalam keadaan terkena macet, terkadang tak sedikit pengguna jalan yang memotong lajur, bila hal ini terjadi cobalah untuk lebih bersabar dan tidak melakukan manuver yang berlebihan.


Emosi ketika berkendara tentu akan mempengaruhi stamina ketika berkendara, maka dari itu menjaga emosi sangat penting untuk tetap menjaga stamina dan juga menghindari kejadian yang tidak diinginkan.


Baca juga: 5 tips membuat bahan bakar irit saat mudik


Persiapkan Mobil Tetap Prima

Menjaga kondisi mobil tetap prima saat mudik menjadi hal yang sangat penting, pastikan mobil sudah di servis sebelum melakukan perjalanan mudik.


Beberapa hal bisa terjadi apabila mobil tidak melakukan servis, salah satunya adalah kondisi AC yang rusak. Kondisi AC yang rusak dan tidak dingin tentu mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara pada kondisi macet.


Baca juga: Simak 5 mobil toyota yang cocok dijadikan mobil mudik


Berkendara Dengan Aman dan Fokus

Hal yang terakhir ini sangat penting juga diterapkan ketika mengemudi dalam kondisi macet. Tetaplah berkendara dengan aman seperti menjaga jarak aman dan tidak melakukan manuver secara berlebihan. Tetap fokus ketika berkendara juga menjadi hal yang penting.


Itulah beberapa tips sederhana yang dapat dipersiapkan atau dilakukan ketika mudik dalam kondisi macet, semoga membantu.

12 views0 comments