top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Apa Itu Odometer? Yuk, Kenali Definisi dan Fungsi Odometer


Odometer mobil
Odometer mobil Innova hybrid

Istilah odometer mungkin masih kurang familiar di telinga tunas friends, bahkan masih banyak yang belum bisa membedakan antara odometer dengan speedometer. Untuk itu, yuk ikuti ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa itu odometer dengan fungsinya.


Definisi Odometer

Odometer adalah sebuah alat yang dapat memberikan informasi mengenai petunjuk jarak tempuh yang sudah dilalui oleh sebuah kendaraan. Kita sering melihat odometer mobil tepat berada di sebelah speedometer.



Berbeda dengan odometer yang digunakan untuk melihat jarak tempuh, speedometer pada mobil akan memberikan informasi mengenai kecepatan sebuah mobil ketika sedang dikendarai.


Dari penjelasan diatas, secara definisi kata dapat membedakan antara apa itu odometer dengan speedometer.


Fungsi Odometer

Seperti penjelasan di awal. fungsi utama odometer adalah untuk mengetahui jarak tempuh yang sudah dilalui oleh sebuah mobil. Selain itu, dengan adanya informasi yang menunjukan jarak tempuh yang sudah dilalui, odometer ini sering digunakan sebagai petunjuk kapan harus melakukan servis mobil.



Selain sebagai petunjuk kapan harus melakukan servis mobil, odometer juga sering menjadi patokan bagi pembeli mobil bekas atau second. Dengan melihat bagian ini, calon pembeli dapat melihat berapa jarak tempuh yang sudah dilalui oleh mobil ini.


Saat ini kita dapat menemukan odometer dalam dua jenis, biasanya pada mobil keluaran lama, odometer yang digunakan masih menggunakan sistem mekanik atau konvensional. Berbeda dengan mobil-mobil keluaran terbaru yang sudah menggunakan odometer dengan jenis digital.


Bila tunas friends ingin membeli sebuah mobil bekas, perlu juga memperhatikan kondisi dari odometer. Beberapa oknum penjual tidak bertanggung jawab dapat melakukan kecurangan dengan melakukan reset odometer.



Itulah ulasan singkat mengenai apa itu odometer mobil, jika tunas friends memiliki masalah dengan odometer atau merasa odometer tidak berfungsi, bisa langsung mendatangi bengkel mobil terdekat untuk dilakukan pengecekan.


Untuk pemilik mobil toyota, bisa langsung mengklik tombol di bawah ini untuk melakukan booking service apabila mendapati bagian odometer yang tidak berfungsi ketika mobil sedang melaju.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page