• Jesanto

Toyota Recall 6 Mobil, Apakah Mobil Anda Salah Satunya?


Tunas Friends, pada bulan Agustus ini Toyota Indonesia melakukan perbaikan kembali atau Toyota recall mobil-mobil produksi tahun tertentu. Toyota recall mobil-mobil tersebut untuk diperbaiki karena terdapat masalah pada bagian fuel pump atau pompa bahan bakar.


Toyota recall merupakan inisiatif global dari Toyota Motor Corporation yang dilakukan produsen Toyota Global, termasuk di Indonesia. Toyota recall sebanyak 3,2 juta unit kendaraan di Seluruh Dunia. 


Toyota recall ini bertujuan untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Kerusakan pada sistem fuel pump tersebut dapat berdampak pada mesin mobil yang bisa mati secara tiba-tiba.


Masalah Utama Toyota Recall 6 Produk

Masalah utama yang terjadi adalah karena terdapat potensi dari baling-baling rotor fuel pump atau pompa bahan bakar yang dapat berubah bentuk dengan berjalannya waktu. Hal tersebut menyebabkan fuel pump atau pompa bahan bakar tidak dapat bekerja dan menyebabkan mesin tidak dapat berputar atau mati dalam kecepatan rendah. Walaupun jarang terjadi, pada kecepatan tinggi, mesin dapat mati saat berkendara dan berpotensi kecelakaan.


Apabila masalah pada fuel pump terjadi, biasa ditandai dengan lampu engine akan menyala, putaran mesin terasa kasar, mesin tidak bisa menyala dan/atau kendaraan mogok.


Mobil Apa Saja yang Toyota Recall?

Berikut ini merupakan kendaraan yang 6 kendaraan yang harus melakukan perbaikan kembali:

  1. Toyota FJ Cruiser produksi tahun 2013 hingga 2014

  2. Toyota Innova produksi tahun 2017 hingga 2019

  3. Toyota Fortuner produksi tahun 2017 hingga 2019

  4. Toyota Hilux produksi tahun 2017 hingga 2019

  5. Toyota Alphard produksi tahun 2017 hingga 2018

  6. Toyota Corolla Altis produksi tahun 2018


Sekitar 36.841 unit kendaraan yang terlibat di Indonesia. Tidak semua kendaraan yang disebutkan di atas terkena masalah pada fuel pump, hanya VIN pada mobil tertentu saja.

Tunas Friends bisa mengcek melalui website resmi Toyota Indonesia, kemudian bisa memasukkan nomor rangka kendaraan. Nomor rangka kendaraan bisa diketahui melalui STNK, nomor tersebut terdiri atas 17 digit gabungan huruf dan angka. Setelah memasukkan nomor rangka dan email, maka akan muncul informasi apakah kendaraan Tunas Friends masuk ke dalam program recall ini atau tidak.


Berapa Lama Proses Penggantian Komponen Fuel Pump?

Tunas Friends, untuk proses penggantian komponen fuel pump tersebut memakan waktu 2 hingga 4 jam. Seluruh kendaraan Tunas Friends yang terdaftar pada program recall ini dipastikan akan mendapatkan komponen fuel pump yang baru dan tanpa dipungut biaya.


Booking Service di Tunas Toyota

Jika mobil Tunas Friends masuk dalam daftar, alangkah baiknya segera hubungi call centre Tunas Toyota untuk melakukan booking service. Booking service bisa dilakukan di web Tunas Toyota untuk menghindari antrian yang panjang.


Booking Service


Lokasi Bengkel Tunas Toyota


Sumber: Kumparan & Detik

8 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company