• Jesanto

Macam-Macam Lomba 17 Agustus yang Bisa Dilakukan Saat Pandemi


Sumber: Instagram


Tunas Friends, tahun lalu kita semua masih bisa mengikuti macam-macam lomba 17 Agustus dengan keadaan yang normal. Namun, tahun ini di tengah pandemi, kita semua tidak boleh padam semangatnya untuk mengikuti macam-macam lomba 17 Agustus yang bisa dilaksanakan dengan menjalankan protokol COVID-19 ataupun bisa dilakukan secara virtual.


Tahun ini, Tunas Toyota akan mengadakan lomba video adu pantun dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-75. Untuk lebih lanjutnya, Tunas Friends bisa cek di Instagram Tunas Toyota.


Di tengah pandemi ini, semangat perjuangan kita tidak boleh luntur. Macam-macam Lomba 17 Agustus masih bisa kita lakukan walaupun online. Tujuannya tetap sama untuk mengobarkan semangat, hanya wujudnya saja yang berbeda.


Berikut ini merupakan macam-macam lomba 17 Agustus yang bisa Tunas Friends lakukan di saat pandemi:


1) Lomba Permainan Online

Pertama, lomba permainan online. Permainan online merupakan salah satu permainan yang banyak dilakukan oleh anak-anak. Selain itu, dalam permainan online juga masih terdapat unsur kompetisi, sehingga peserta lomba masih merasakan semangat perjuangan yang tidak boleh padam walaupun hanya bermain sendiri di rumah masing-masing secara online. Selain itu, jenis-jenis permainan online juga sangat beragam, mulai dari balapan mobil hingga adu tembak. Sehingga banyak orang dapat terwadahi dengan permainan online ini.


2) Lomba Fotografi

Kedua, lomba fotografi. Lomba fotografi biasa dilakukan pada hari kemerdekaan adalah karya fotografi yang berhubungan dengan nasionalisme. Selain itu, fotografi merupakan salah satu hal yang banyak diminati oleh millennials. Banyak sekali unsur nasionalisme dalam pandemi seperti ini, misalnya saja bisa memotret perjuangan para petugas medis yang menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19. Selain itu, lomba fotografi juga sangat mengasah kreativitas dari peserta lomba sesuai pepatah yang mengatakan “A picture is worth a thousand words”.


3) Lomba Videografi

Ketiga, lomba videografi. Sama seperti lomba sebelumnya yakni lomba fotografi, lomba videografi juga banyak diminati oleh millennials. Terlebih lagi, banyak millennials yang sudah menjadi YouTuber. Selain itu, Lomba videografi juga mengasah skill dan kreativitas para peserta lomba. Tema lomba videografi yang biasa diangkat adalah yang mengandung unsur kemerdekaan dan nasionalisme. Salah satu contoh video yang bisa diangkat seperti kehidupan guru yang mengajar anak muridnya secara online, karena mengajar secara offline saja tidak mudah, apalagi secara online.


4) Lomba Cuci Tangan Online

Keempat, lomba cuci tangan online. Untuk meningkatkan kesadaraan masyarakat akan pentingnya mencuci tangan sebelum melakukan berbagai hal saat pandemi, lomba cuci tangan ini sangatlah penting untuk diadakan. Selain itu, lomba ini harus bisa memenuhi beberapa syarat cuci tangan yang baik dan benar, sehingga apabila semakin banyak yang menonton lomba ini, maka semakin banyak pula masyarakat yang mengetahui cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Selain itu, lomba ini dapat dilakukan dari rumah masing-masing peserta dan biaya yang dikeluarkan juga sangat murah.


5) Lomba Menghias Masker

Kelima, lomba menghias masker. Dengan tujuan yang sama seperti lomba sebelumnya, yakni untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan masker saat pandemi, lomba menghias masker sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, lomba ini sangat mudah untuk dilakukan karena panitia lomba hanya menyediakan masker bahan polos dan peserta lomba bisa menghias dengan kreativitas masing-masing dan menggunakan bahan yang ada di rumah. Selain murah, lomba ini juga dapat dilakukan di rumah masing-masing peserta.


6) Lomba Kuis Online

Keenam, lomba kuis online. Sebelum pandemi, memang sudah biasa melakukan lomba kuis yang dilakukan beregu. Namun, saat pandemi ini, Tunas Friends bisa melakukan lomba kuis secara online yang bisa dilakukan secara individual di rumah masing-masing peserta lomba. Pertanyaan yang sering muncul untuk lomba kuis adalah pertanyaan yang berhubungan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia, sejarah Indonesia, dan budaya Indonesia. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membuat para peserta dan penonton untuk mengingat kembali mengenai budaya dan sejarah Indonesia serta perjuangan para pahlawan dalam kemerdekaan Indonesia. Selain itu, lomba kuis juga harus diberikan jangka waktu agar para peserta tidak bisa mencari jawaban melalui internet.


7) Lomba Tebak Bibir Online

Ketujuh, lomba tebak bibir online. Lomba tebak bibir online adalah lomba dimana para peserta dari regu pertama mengucapkan kalimat yang sudah ditentukan oleh panitia tetapi tanpa bersuara. Lalu, peserta dari regu kedua wajib menebak kalimat apa yang diucapkan oleh regu pertama. Lomba tebak bibir ini dapat dilakukan di rumah secara individual.


8) Lomba Tari Online

Selanjutnya, lomba tari online. Selam pandemi dan karantina di rumah, salah satu hiburan yang masyarakat lakukan adalah melakukan berbagai tarian di TikTok. Salah satu manfaat dari adanya lomba tarian online di TikTok adalah banyak masyarakat yang belajar untuk menjadi berani dan percaya diri terhadap keterampilan dalam menari. Selain itu, para peserta juga bisa melakukan tarian tradisional karena selama ini menari dengan lagu modern.


9) Lomba Pantun atau Adu Gombal Online

Terakhir, lomba pantun atau adu gombal online. Tunas Toyota dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-75 tahun mengadakan “Tunas Toyota Balapan Pantun”. Cara untuk mengikuti lomba ini sangatlah mudah, hanya membuat pantun atau adu gombal dalam sebuah video dan jangan lupa untuk memasukan unsur Toyota dalam video tersebut. Salah satu alasan mengapa Tunas Friends mengikuti lomba tersebut karena hadiah yang diberikan sebesar Rp 1.000.000 untuk dua orang pemenang. Yuk! Jangan berlama-lama lagi, kami tunggu video dari Tunas Friends. Untuk syarat dan ketentuan lebih lanjut, bisa dilihat di Instagram Tunas Toyota.

7 views
TUNAS TOYOTA

Jl. Raya Pasar Minggu, RT.1/RW.6, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12740

  • Facebook
  • Instagram
Tunas Friend.png

TUNAS TOYOTA ©2020

Bagian dari PT. Tunas Ridean, Tbk.

dan Jardine Matheson Associate Company