top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Tertulis Jelas di Samping Ban, Inilah Arti Kode Ban Mobil



Tire Codes on tire sidewall

Tunas Friends pasti sudah tahu bahwa ban adalah salah satu komponen mobil yang memiliki peran vital dalam keselamatan dan performa kendaraan. Setiap ban mobil memiliki sejumlah kode dan angka yang tercetak pada sisi ban. Kali ini kita akan membahas arti dari kode pada ban mobil dan memberikan beberapa tips penting untuk memilih ban yang tepat.


Arti Kode pada Ban Mobil

Sudah taukah tunas friends bahwa kode pada ban mobil mengandung berbagai informasi penting yang membantu pengemudi dan mekanik untuk memahami karakteristik ban. Kode ini biasanya tercetak pada sisi samping ban dalam bentuk kombinasi angka dan huruf. 


Berikut adalah beberapa komponen utama dari kode pada ban mobil:



Tire Codes on tire sidewall

Lebar Ban atau Width dijelaskan dengan angka pertama dalam kode yang biasanya mengindikasikan lebar ban dalam milimeter. Misalnya, jika kode tersebut adalah "205," itu menandakan bahwa lebar ban adalah 205 mm.


Tire Codes on tire sidewall

Selanjutnya ada tanda "/" yang diikuti oleh angka yang menunjukkan rasio aspek ban. Rasio aspek adalah perbandingan antara tinggi ban dan lebarnya. Misalnya, jika kode tersebut adalah "55," itu berarti tinggi ban adalah 55% dari lebarnya.


Tire Codes on tire sidewall

Lalu,huruf setelah rasio aspek, seperti "R" (Radial) atau "D" (Diagonal), mengindikasikan jenis konstruksi ban. Sebagian besar ban modern adalah radial, yang memberikan performa lebih baik daripada ban diagonal.


Tire Codes on tire sidewall

Angka selanjutnya yang ada dalam kode menunjukkan diameter velg yang sesuai dengan ban. Misalnya, jika kode tersebut adalah "16," itu berarti ban dirancang untuk velg berdiameter 16 inci.


Tire Codes on tire sidewall

Jika ada angka yang mengikuti diameter velg biasanya menandakan indeks beban, yang menunjukkan berapa beban maksimum yang dapat ditanggung oleh ban. Semakin tinggi indeks beban, semakin besar kapasitas beban ban. Untuk Indeks beban maksimal-nya, berikut ini bisa Tunas Friends lihat:

70 : 335 Kg

75 : 387 Kg

80 : 450 Kg

90 : 600 Kg

95 : 690 Kg

100 : 800 Kg


Tire Codes on tire sidewall

Huruf berikutnya dalam kode adalah indeks kecepatan, yang menunjukkan kecepatan maksimum yang aman untuk ban. Untuk indeks kecepatan aman-nya bisa Tunas Friends lihat di bawah ini :

Q : 160 KpJ

S : 180 KpJ

T : 190 KpJ

U : 200 KpJ

H : 210 KpJ

V : 240 KpJ

W : 270 KpJ

Y : 300 KpJ


Tips Memilih Ban Mobil yang Tepat

Apabila kita ingin mengganti ban mobil, memilih ban mobil yang tepat sangatlah penting untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara. Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu tunas friends apabila ingin memilih ban yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan.


Sebelum membeli ban pastikan tunas friends sudah memahami kode yang pada ban dan apa arti setiap komponennya. Hal ini tentu akan membantu memilih ban yang sesuai dengan kendaraan.


Selanjutnya coba pertimbangkan kondisi jalan yang biasanya tunas friends lalui. Jika Anda sering berkendara di jalan berlubang atau kasar, maka memilih ban dengan profil yang lebih tebal yang akan membuat kondisi ban tetap baik.

Yang pasti selanjutnya adalah perhatikan Ukuran Ban: Pastikan ukuran ban yang tunas friends pilih sesuai dengan velg kendaraan. Menggunakan ban yang tidak sesuai ukuran tentu dapat memengaruhi kinerja kendaraan dan keselamatan.


Yang terakhir apabila telah memilih ban yang tepat, pastikan tunas friends melakukan perawatan rutin, seperti periksa tekanan udara, rotasi ban, dan penyeimbangan. Ini akan memperpanjang umur ban dan meningkatkan performa kendaraan.


Dan yang terpenting tentunya jika tunas friends tidak yakin tentang ban yang paling sesuai untuk kendaraan, segera konsultasikan dengan mekanik yang berpengalaman di bengkel resmi yang terpercaya.




0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page