top of page
Cari
  • Gambar penulisAdmin

Arti Lampu Indikator di Instrumen Cluster Mobil



Lampu indikator mobil mungkin sebuah istilah yang sudah tidak asing lagi ditelinga tunas friends semua. Pada mobil modern saat ini sudah pasti dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, termasuk lampu indikator, yang memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan berbagai informasi penting kepada pengemudi. Kali ini kita akan sedikit membahas mengenai arti dari beberapa lampu indikator mobil yang umumnya ditemukan dalam cluster instrumen mobil.


Check Engine indicator on Dashboard

Lampu Indikator Mesin (Check Engine Light)


Lampu indikator yang satu ini mungkin yang paling umum dan seringkali dikhawatirkan oleh para pengemudi. Lampu indikator tersebut adalah lampu indikator mesin atau "Check Engine Light."


Lampu ini biasanya terlihat seperti gambar mesin dan muncul ketika sistem manajemen mesin mendeteksi masalah pada kendaraan. Ini bisa mencakup berbagai masalah, mulai dari masalah dengan sistem bahan bakar, sensor oksigen, hingga masalah serius dengan mesin itu sendiri.


Apabila tunas friends menemukan lampu indikator satu ini menyala, usahakan untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat agar bisa dilakukan pengecekan ataupun perbaikan apabila ditemukan kerusakan.


Fuel Indicator on Dashboard

Lampu Indikator Bahan Bakar


Lampu indikator selanjutnya adalah lampu indikator bahan bakar, lampu yang satu ini biasanya terlihat seperti tangki bahan bakar. Lampu ini mengindikasikan bahwa jumlah bahan bakar dalam tangki kendaraan hampir habis. Terkadang, lampu ini juga bisa mengindikasikan masalah dengan sistem bahan bakar, seperti tekanan rendah dalam sistem.


Tentu dengan hadirnya lampu satu ini akan sangat membantu tunas friends untuk mengingatkan bahan bakar yang mulai habis dan tentunya akan menghindari mobil mogok diakibatkan bahan bakar yang habis.


Brake Indicator on Dashboard, Parking Brake Indicator, and ABS Indicator

Lampu Indikator Sistem Rem


Lampu indikator sistem rem merupakan lampu yang menggambarkan cakram rem. Ketika lampu ini menyala, itu bisa menunjukkan masalah pada sistem rem kendaraan. Ini termasuk masalah dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) atau tekanan rem yang rendah.


Dikarenakan sistem pengereman merupakan bagian yang penting pada sebuah kendaraan, apabila lampu ini menyala, usahakanlah untuk segera memeriksa bagian pengereman. Bila perlu, tunas friends segeralah mendatangi bengkel mobil terdekat agar memastikan kondisi pengereman mobil tetap aman untuk digunakan.


Flat Tire Indicator on Dashboard

Lampu Indikator Ban


Lampu indikator tekanan ban biasanya terlihat seperti gambar ban. Ini adalah lampu indikator yang akan memberi tahu pengemudi bahwa tekanan udara dalam salah satu ban kendaraan terlalu rendah. Ini bisa menunjukkan bahwa ban mungkin bocor atau tekanan udara rendah.


Airbag Indicator on Dashboard

Lampu Indikator SRS (Supplemental Restraint System)


Lampu indikator SRS adalah lampu yang menggambarkan airbag. Ketika lampu ini menyala, itu mengindikasikan bahwa ada masalah dengan sistem airbag dan sistem keselamatan tambahan lainnya di kendaraan.


Sama halnya dengan sistem keselamatan berkendara lainnya, bagian satu ini memanglah penting. Bila lampu ini menyala segeralah untuk membawa ke bengkel terdekat agar memastikan sistem airbags berfungsi dengan baik.


Engine Temperature Indicator on Dashboard

Lampu Indikator Suhu Mesin Tinggi


Lampu indikator yang satu ini sering sekali ditemukan menyala pada beberapa mobil. Suhu mesin yang tinggi biasanya berbentuk gambar termometer yang menunjukkan bahwa mesin kendaraan terlalu panas. Ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah, seperti kebocoran cairan pendingin atau kerusakan pada sistem pendingin.


Apabila lampu ini menyala, segeralah untuk menepi dan berhenti sejenak untuk berkendara agar kondisi mobil tidak terlalu panas. Jika perlu, tunas friends juga dapat mengecek beberapa komponen yang mengakibatkan suhu mobil menjadi lebih tinggi.


Itulah beberapa arti dari lampu indikator yang dapat kita temukan pada instrument cluster mobil. Jika tunas friends sering menemukan beberapa lampu indikator menyala, segeralah untuk melakukan pengecekan di bengkel resmi Tunas Toyota terdekat agar memastikan kondisi mobil tetap prima ketika digunakan. Semoga membantu.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page