Search

Daftar Mobil Toyota yang Terkena Potongan PPnBM 0%


mobil toyota

Bagi Tunas Friends yang berkeinginan untuk membeli mobil Toyota baru, bisa ditunda dulu sampai bulan depan. Mulai bulan Maret 2021, ada sekitar 5 (lima) mobil baru yang akan turun harga.


Penurunan harga mobil Toyota baru ini dikarenakan adanya insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor sebesar 0%. Mobil Toyota yang mendapat insentif adalah Toyota Yaris, Toyota Rush, Toyota Sienta, Toyota Avanza, dan Toyota Vios.


Sayangnya, selain Toyota Yaris, Toyota Rush, Toyota Sienta, Toyota Avanza, dan Toyota Vios, tidak bisa menikmatinya. Terutama bagi mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang merupakan mobil ramah lingkungan.


Selama ini, PPnBM mobil baru dikenakan tarif 10% atau lebih. Peraturan insentif PPnBM ini dikhususkan untuk kendaraan di bawah 1.500 cc yaitu mobil berkategori sedan dan mobil berpenumpang 4x2.


Keberadaan relaksasi PPnBM 0% ini diharapkan konsumsi masyarakat berpenghasilan menengah ke atas terhadap kendaraan bermotor bisa meningkat. Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan utilitas industri otomotif dan mendorong pertumbuhan ekonomi.


Sesuai rencananya, peraturan ini akan dilaksanakan sebanyak 3 tahap selama 9 bulan. Tahap pertama gratis PPnBM 100%, kedua 50%, ketiga 25%.


Sekali lagi, relaksasi PPnBM hanya diberikan kepada mobil dengan kapasitas penumpang 4x2 dengan kubikasi mesin tidak sampai 1.500 cc, serta termasuk dalam Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri (TKDN) 70%.


Sehingga, hanya mobil yang berasal dari pabrik dengan fasilitas perakitan Indonesia yang bisa menikmati keringanan PPnBM.


Sambil menunggu diberlakukannya peraturan ini, Tunas Friends bisa memilih dahulu mobil Toyota mana yang akan Tunas Friends beli. Lihat spesifikasi dan harganya terlebih dahulu di situs web resmi Tunas Toyota, klik tombol di bawah ini.



Selanjutnya, mari ketahui 5 (lima) mobil Toyota yang menerima insentif PPnBM. Simak yuk, Tunas Friends!


Baca juga: Mulai 1 Maret 2021, Pemerintah Gratiskan Pajak PPnBM Mobil Baru Toyota


Toyota Avanza

toyota avanza

Pertama, ada Toyota Avanza. Dibekali dengan mesin DOHC Dual VVT-i 4-silinder yang tangguh dan hemat bahan bakar. Mempunyai dua jenis kapasitas mesin, yaitu 1.496 cc dan 1.329 cc. Dilengkapi sistem transmisi A/T 6-percepatan, dan M/T 5-percepatan.


Tenaga yang dihasilkan mencapai 104 PS per 6.000 RPM dan torsi maksimum 13.9 Kgm per 4.200 RPM khusus mesin 1.496 cc. Sedangkan untuk mesin 1.329 cc bertenaga 96,5 PS per 6.000 RPM dan torsi maksimum 12,3 Kgm per 4.200 RPM.


Mobil dengan kapasitas tangki 45 liter ini juga memiliki tampilan elegan dan modern. Memiliki kesan sporty pada fitur-fitur eksteriornya, seperti desain lampu, New Shark Fin Antenna, New Outer Mirror Design with Side Turn Signal Lamp, dan Retractable Function.


Interiornya juga tidak kalah canggih, mulai dari desain dasbor, jok, hingga panel-panel yang multifungsi. Ada fitur New Center Cluster with Digital A/C Display, New Steering Switch, New Combination Meter Design, dan Head Unit with New Premium Touch Screen.


Lalu, terdapat pula fitur keselamatan di dalam Toyota Avanza, seperti Dual SRS Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Side Impact Beam, 3-Points Seat Belts with Pretensioner and Force Limiter, dan juga ISOFIX.


Baca juga: Toyota Avanza, Mobil Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Harga Mobil Avanza

Terkait relaksasi PPnBM, penurunan harga mobil Avanza mulai dari Rp13 juta per unitnya. Harga mobil Avanza ini pun dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.



Baca juga: Kupas Tuntas Total Biaya Servis Mobil Toyota Avanza Hingga 100.000 Km


Toyota Rush

toyota rush

Kedua, ada Toyota Rush. Dibekali mesin 2NR-VE berteknologi Dual VVT-i 4-silinder dengan dua tipe tersedia yaitu tipe G dan TRD Sportivo berkapasitas 1.496 cc. Memiliki dua sistem transmisi yakni otomatis dan manual yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Tenaga yang dihasilkan mencapai 104 PS per 6.000 RPM dan torsi maksimum 13,9 Kgm per 4.200 RPM. Tangkinya mampu menampung sebanyak 45 liter bahan bakar bensin.


Mobil ini juga memiliki dimensi yang besar dan kokoh. Memiliki kesan sporty pada fitur eksteriornya, seperti desain lampu dan grille-nya. Pada varian TRD tersemat Tough Front TRD Underguard dan Sturdy Rear TRD Underguard yang mendominasi.


Interiornya juga tampil mewah dan berkelas dengan desain two tone colors. Ada fitur Stunning Combination Meter, Digital Auto A/C, Sophisticated Head Unit, Comfortable Tilt Steering, hingga Start/Stop Engine Button.


Kemudian, terdapat fitur keselamatan di dalam Toyota Rush, seperti SRS Airbags, Assuring 7 Seat Belt Indicators, Vehicle Stability Control (VSC), Anti-lock Braking System (ABS), Secured Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EBS), dan Rear Parking Camera.


Baca juga: Perbedaan Fitur Toyota Rush 2021 Tipe G dan TRD Sportivo


Harga Toyota Rush

Terkait relaksasi PPnBM, penurunan harga Toyota Rush mulai dari Rp18 juta per unitnya. Harga Toyota Rush ini pun dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.



Baca juga: Toyota Rush, SUV Toyota Terlaris Sepanjang 2020


Toyota Sienta

toyota sienta

Ketiga, ada Toyota Sienta. Dibekali dengan mesin 2NR-FE berteknologi DOHC Dual VVT-i 4-silinder berkapasitas 1.497 cc. Dilengkapi transmisi 6 percepatan manual (M/T) pada tipe G, V, dan Welcab. Serta, transmisi 7 percepatan otomatis CVT pada tipe V, Q, dan Welcab.


Tenaga yang dihasilkan mencapai 107 PS per 6.000 RPM dan torsi maksimum 14,3 Kgm per 4.200 RPM. Tangkinya mampu menampung sebanyak 42 liter bahan bakar bensin.


Mobil ini juga berpenampilan agresif. Memiliki kesan mewah pada fitur eksteriornya, seperti desain lampu dan grille-nya. Tersemat fitur Power Sliding Door yang membuatnya semakin stylish dan disukai masyarakat.


Interiornya juga tampil tenang dan elegan dengan warna dan desain baru yang membuat suasana kabin terasa nyaman. Ditambah pengaturan kursi 7 penumpang yang fleksibel, New Premium AVX Touch Screen Head Unit, Steering Switch, dan Start/Stop Engine Button.


Terdapat pula fitur keselamatan di dalam Toyota Sienta, seperti Dual SRS Airbags, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Hill Start Assist (HSA) dan Vehicle Stability Control (VSC), dan ISOFIX