Tunas friend pernah melihat semut mondar mandir di dalam mobil? Mungkin jika satu atau dua tidak berarti apa-apa, akan tetapi jika si semut bersama kawanannya bagaimana,pasti sangat menjengkelkan. Ada baiknya tunasfriend mengingat-ingat terlebih dahulu pernahkah tunas friend menumpahkan suatu makanan atau minuman? Atau mungkin tunas friend pernah parkir dibawah pohon yang banyak semutnya.

 

Cari sarang mereka.

Agak sulit memang mengira-ngira dimanakah si semut ini bersarang dan pastinya melelahkan jika harus melongok satu persatu ke bagian mobil, ada baiknya tunas friend pancing saja supaya mereka keluar dan ketika mereka keluar tunasfriend akan tahu dimana sarangnya berada. Caranya adalah, tuangkan 1 sdt gula pasir di secarik kertas, lalu letakkan kertas tsb ke bagian dimana tunas friend sering melihat semut-semut tsb berlalu lalang. Bisa saja dikabin atau bisa pula di eksterior mobil. Bila semut benar bersarang di dalam mobil tak butuh waktu lama, dalam 10 menit pun semut akan keluar satu per satu dan mengambil gula yang sudah tunas friend letakan tadi.

 

Basmi.

Perhatikan baik-baik, dari mana mereka keluar. Selanjutnya ketika tunas friend sudah mengetahui dimana letak sarang tsb tunas friend bisa gunakan obat-obatan seperti kapur ajaib anti semut yang sudah tunas friend haluskan. Taburkan bubuk kapur ajaib tadi perlahan semut tsb akan mati dengan sendirinya. Atau bisa juga kalau memang sudah terlalu parah, tunas friend bisa juga menggunakan obat semprot pembasmi serangga. Tapi perlu diingat bahwa obat semprot pembasmi serangga tidak baik untuk pernafasan manusia, sebaiknya buka kaca pintu dan mobil selama beberapa waktu setelah tunas friend menyemprotkan obat tsb.

 

Pestisida khusus tidak pernah salah.

Ada cara alternative lainnya, tunas friend dapat mengunjungi toko tanaman dan pupuk lalu belilah obat khusus pembasmi semut. Cara kerja obat tsb adalah cukup menaburkan saja dan nantinya semut akan membawanya sebagai makanan ke dalam sarangnya. Tak lama setelah semut memakan obat ini mereka akan mati perlahan dan karena merekapun membawanya kedalam sarang, tunas friend tak perlu repot lagi untuk mencari sarangnya, karena seluruh penghuni sarang yang sudah memakan obat itu akan mati.

 

Vakum!

Jika sudah tidak terlihat ada semut yang berkeliaran di mobil, segera vakum interior mobil dan pastikan tunas friends mem-vakum semut-semut mati dan sisa sisa makanan. Pastikan kembali di dalam kabin tidak ada lagi makanan atau minuman yang tertumpah.

 

Biasakan tunas friend menjaga kebersihan mobil serta berhati-hatilah memilih tempat parkir. Sebaiknya hindari ketika mendapatkan parkir yang banyak semutnya.

 

Tunas friend,tetap jaga kebersihan mobilnya ya. Karena untuk masalah semut, lebih baik mencegah daripada harus repot membasmi!