Berkendara mudik menggunakan mobil pribadi menjadi salah satu alternatif yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Jika tunas friends sudah terbiasa untuk mudik membawa mobil sendiri, tentu tunas friends perlu mempersiapkan kendaraannya agar tetap prima selama perjalanan mudik.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran:

1. general check-up dan tune-up

028

Tune up mobil di bengkel Tunas Toyota

Tune-up mesin mobil di bengkel Tunas Toyota langganan Tunas Friends bisa dijadikan salah satu langkah sederhana untuk mempersiapkan mobil tetap prima sebelum melakukan perjalanan jauh. Melakukan Tune up meliputi pengecekan beberapa komponen vital dari mobil mulai dari kondisi mesin, oli mesin, oli transmisi, minyak rem, power streering, air radiator, hingga yang cukup ringan yaitu memeriksa kondisi wiper dan air wiper.

Tentunya montir kami tidak lupa juga untuk mengecek keadaan kelistrikan mobil, seperti kondisi lampu sen, lampu utama, fog lamp, lampu rem hingga lampu hazard. Jika setelan lampu berubah untuk lampu dekat dan jauh, perlu disetel kembali untuk memastikan arah lampu yang benar agar memberikan penerangan yang baik dimalam hari.

2. Periksa kaki-kaki mobil

028

Tune up mobil di bengkel Tunas Toyota

Pastikan kondisi kaki-kaki mobil tunas friends dalam keadaan sehat sebelum melakukan perjalanan yang jauh. Jika dirasa handling mobil kurang baik, maka tunas friends bisa melakukan spooring ban mobilnya.

Kondisi ban juga menjadi hal yang perlu diperhatikan ya tunas friends. Jika ban sudah dirasa perlu di ganti, maka jangan ditunggu lagi. Cek juga kondisi tekanan angin dan pastikan dalam tekanan ban yang dianjurkan oleh pabrik. Menjaga tekanan ban normal akan meningkatkan penghematan bbm dan pengendaraan yang aman. Sediakan pula ban cadangan untuk berjaga-jaga.

3.Cek kondisi AC

028

Cek kondisi AC agar tetap dingin

Agar tunas friends tetap sejuk saat berkendara disiang hari yang panas terik, pastikan kondisi AC mobil berfungsi dengan baik. Periksa isi freon, jika hampir habis sebaiknya diisi kembali agar tetap dingin. Memberisihkan atau mengganti filter AC juga disarankan agar tidak ada debu yang menyumbat saluran AC.

4. Bawa perkakas dan P3K

028

Perlengkapan Perkakas

028

Perlengkapan P3K

Kondisi darurat tidak bisa selalu diprediksi. Ada baiknya tunas friends selalu siap sedia membawa perlatan perkakas dan kotak P3K. Dua komponen yang cukup penting, karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan membutuhkannya saat di perjalanan nanti.

5. Mengisi E-toll Card

028

Mengisi E-toll Card

Jika tunas friends melakukan mudik dengan melalui rute jalan tol, hal sederhana namun yang penting adalah mengisi saldo e-toll card. Pastikan saldo e-toll card tunas friends mencukupi untuk perjalanan mudik. Tunas friends bisa mengisinya di gerai minimarket terdekat. Meskipun di beberapa gerbang menyediakan fasilitas isi ulang e-toll, sebaiknya tunas friends isi ulang di luar gerbang tol karena kadang terjadi gangguan sehingga bisa menyebabkan kemacetan.

6. Sedia Bantal Mobil

028

Bantal Mobil

Mengemudi dalam waktu yang lama mungkin akan membuat tunas friends merasa pegal dan lelah. Bantal mobil bisa menjadi salah satu alat yang akan mengurangi rasa pegal dan menambah kenyamanan berkendara tunas friends

7. Tempat menaruh cemilan

028

Tempat menaruh cemilan dan minuman

Menempuh perjalanan berjam-jam saat mudik, terkadang membuat bosan dan cemilan bisa dipilih sebagai ‘teman’ saat perjalanan. Tentu diperlukan tempat untuk menaruh cemilan di mobil agar tidak berantakan saat di taruh di dalam mobil.

8. Siapkan playlist musikmu agar selalu happy dan fun selama perjalanan

028

Bernyanyi bersama di mobil

Penat saat terkena macet di jalur mudik tentu bisa dihindarkan dengan memainkan playlist musik andalanmu tunas friends. Selain bisa menjadi mood booster dan menghindari dari rasa kantuk, mendengarkan musik tentu bisa meningkatkan konsentrasi saat berkendara.

Sekian tips-tips dari kami untuk tunas friends. Semoga bisa membantu dalam berkendara di saat perjalanan mudik, selamat mencoba!